SUARA

DPRD Wakatobi Dorong Percepatan Pembentukan Provinsi Kepton

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI- Dorongan pemekaran Provinsi Kepulauan Buton (Kepton) terus disuarakan oleh masyarakat di jazirah Kesultanan Buton sejak beberapa tahun terakhir ini.

Semangat menyuarakan lahirnya Daerah Otonom Baru (DOB) di Sulawesi Tenggara ini, bukan saja disuarakan oleh masyarakat, namun juga disuarakan oleh parah tokoh, kepala daerah, hingga politisi.

Ketua DPRD Wakatobi, Hamiruddin, mengatakan, ia bersama para anggota DPRD Wakatobi yang lain, sangat mendukung terbentuknya Provinsi Kepulauan Buton.

“Pada intinya DPRD Wakatobi sangat mendukung terbentuknya Provinsi kepulauan Buton ini,” kata H. Hamiruddin, Selasa (28/1/2020).

Bahkan, jika ada yang dibutuhkan dari Wakatobi untuk terbentuknya Provinsi ini, pihaknya siap membantu. “Kebutuhan administrasi, maupun anggaran jika dibutuhkan, kita bersama Pemda Wakatobi siap bantu,” ungkapnya.

yamaha

Ia berharap, pemerintah pusat bisa segera mewujudkan harapan dan cita-cita masyarakat Kepulauan Buton ini.

Apa lagi menurutnya, syarat teknis dan politik sudah terpenuhi. Bahkan Gubernur dan DPRD Sulra telah memberi restu dan siap untuk melepas cakupan wilayah Sultra untuk menjadi provinsi baru.

“Kalau sudah terbentuk Provinsi Kepton maka sudah pasti perekonomian di jazirah Buton akan makin tumbuh,” terangnya.

Bahkan untuk mempercepat pemekaran Provinsi Kepulauan Buton ini, Ketua Badan Penghubung RUU Kepulauan dan juga Gubernur Sulawesi Tenggara, H. Ali Mazi, bersama sejumlah tokoh Sulawesi Tenggara menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDPU) Dengan Agenda Pembahasan Rancangan UU Daerah Kepulauan, di ruang Rapat Komite I DPD RI, pada 27 Januari 2020 kemarin.

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.