Iklan Clarion
Festival Pesona Budaya Tua Buton

Kapasitas 25 Juta kubik, Waduk Ladongi Bermanfaat Untuk Irigasi Hingga Cegah Banjir

SULTRAKINI.COM: Kolaka Timur-Keberadaan mega proyek pembangunan waduk ladongi dinilai akan memiliki manfaat yang besar terhadap masyarakat di Kabupaten Kolaka Timur. Waduk yang memakan anggaran hingga Rp 850 miliar tersebut, dapat berguna untuk irigasi, listik hingga mencegah banjir.

 

Menurut data Kementrian PU-PR, waduk ladongi memiliki manfaat sebagai sumber air untuk irigasi seluas 7.424 ha, dengan air beku 0,08 m3/det. Tak hanya itu, waduk ini nantinya juga dapat mengahasilkan tenaga listrik sebesar 1,15 MW serta mereduksi potensi banjir dengan kemampuan hingga 142 m3/det.

 

Berdasarkan informasi yang dirilis Humas Pemerintak Kabupaten Kolaka Timur melalui surat elektronik pada SULTRAKINI.COM. Rencananya, mega proyek waduk Ladongi akan dibangun di atas lokasi bendungan yang telah ada sebelumnya. Kapasistas waduk ini sendiri mencapai volume 25,57 juta meter kubik.

 

Sedangkan waktu yang dibutuhkan dalam pembangunannya megaproyek waduk ladongi, diperkirakan mencapai tiga tahun yakni dari 2016 hingga 2019.

 

Terkait jadwal pengerjaannya, presiden Joko Widodo melalui akun facebook resminya, sabtu (12/3) lalu, menyampaikan pembangunan waduk (bendung-red) yang akan direalisasikan pada tahun 2016 ini, termasuk bendung Ladongi.

 

\”Delapan waduk yang dibangun di tahun 2016 adalah Waduk Rukoh di Aceh,Waduk Sukoharjo di Lampung, Waduk Kuwil Kawangkoan di Sulawesi Utara,Waduk Ladongi di Sulawesi Tenggara, Waduk Ciawi di Jawa Barat, waduk Sukamahi di Jawa Barat, Waduk Leuwikeris di Jawa Barat, dan Waduk Cipanas di Jawa Barat\”,ungkapnya. (rul/suk) Humas Koltim

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.