Kepala Perpustakaan RI Syarif Bando Resmikan Gedung Perpustakaan Baru di Bombana

SULTRAKINI.COM: BOMBANA – Dalam kunjungannya di Provinsi Sulawesi Tenggara, Kepala Perpustakaan RI, Syarif Bando meresmikan gedung Perpustakaan Daerah Kabupaten Bombana, Rabu (16/12/2020). Gedung Perpustakaan ini dibangun dengan kapasitas dua lantai.

Pembangunan Perpustakaan ini merupakan hasil inisiatif dan gagasan
Bupati Bombana H. Tafdil untuk meningkatkan minat baca warganya. Sehingga patut di apresiasi, pasca membentuk perpustakaan tingkat desa.

Dalam sambutannya, Syarif Bando memuji gerakan Tafdil dalam kiat menstimulus atau menumbuh kebangkan minat baca untuk warga Kabupaten Bombana. 

“Ini adalah tindakan nyata Bupati Bombana. Langkah n ini patut diapresiasi. Selain terbaik, hadirnya gedung perpustakaan ini juga bisa menjadi pemikat daya baca bagi warga Bombana,” ucap Syarif.

Alumni Univesrsitas Hasanuddin itu menilai, gedung Perpustakaan Daerah Kabupaten Bombana ini menjadi yang terbaik dari 21 gedung Perpustakaan kabupaten di Indonesia yang pernah dikunjunginya. 

“Ini termasuk terbaik dari 21 kabupaten yang pernah kami resmikan,” ujar Syarif. 

Pada kesempatan itu juga, Syarif Bado memberikan penghargaan terbaik kepada Pemda Bombana, sekaligus memberikan piagam penghargaan kepada Desa Lakomea, Kecamatan Rarowatu sebagai juara I umum lomba perpustakaan desa tingkat nasional untuk claster B. 

Sementara itu, Bupati Bombana H. Tafdil berharap, dengan hadirnya gedung perpustakaan daerah, animo minat baca hingga literasi warga Bombana dapat meningkat.

“Kita sangat berharap begitu. Kami akan buka akses seluas – luasnya untuk gedung ini agar dikunjungi dan diminati oleh warga. Selain untuk baca, bakal ada taman, hingga kiat seni dan budaya disini tumbuh sibur, ” ujar Tafdil. 

Bupati dua periode itu menegaskan akan melibatkan semua stakeholder daerah guna mensosialisasikan hadirnya perpustakaan daerah agar dikenal oleh masyarakat luas. 

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Perpustakaan Daerah, Akhmad Tona menjelaskan, gedung perpustakaan baru itu akan dilengkapi layanan Wifi, Aula diskusi, hingga lokasi untuk kenyamanan para tamu atau pembaca. 

“Untuk lantai satu itu, untuk pelayanan, tempat baca buku, disitu disediakan pula lokasi Wifi. Lantai dua akan ada aula, tempat diskusi, kegiatan semacam seminar hingga ruang bedah buku,” paparnya.

Akhmad Tona mengatakan, pihaknya akan terus mengupayakan penambahan jumlah buku bacaan di gedung perpustakaan baru itu. 

“Tiap tahun, APBD kita selalu anggarkan tambahan buku. Ini juga akan ditopang dengan DAK. Kita akan berusaha terus, minimal hari ini sudah ada wadahnya. Tinggal kita tingkatkan isi dan fasilitas gedung ini, ” tutupnya. 

Selain meresmian gedung fasilitas layanan Perpustakaan Umum Kabupaten Bombana, Kepala Perpustakaan Nasional RI juga bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan Kabupaten Bombana menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat  dengan tema Inovasi dan Kreativitas Pustakawan dalam Penguatan Indeks Literasi Masyarakat untuk Mewujudkan SDM Unggul Menuju Indonesia Maju.

Kerjasama tersebut diikuti sejumlah kepala perpustakaan sekolah,  perpustakaan desa hingga siswa dan para OPD lingkup Pemkab Bombana, yang disaksikan secara virtual mengingat situasi pandemi saat ini masih mewabah. (B)

Laporan: Badar
Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.