Iklan Clarion
Festival Pesona Budaya Tua Buton

Manasik Haji Buteng Resmi Dibuka

SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH – Manasik haji tahun 2019 tingkat Kabupaten Buton Tengah (Buteng) sukses dihelat di Aula Kantor Bupati, Rabu (12/6/2019).

Acara tersebut dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara (Sultra) Abdul Kadir, disaksikan oleh Wakil Bupati Buteng La Ntau, Kepala Departemen Agama (Kandepag) Buteng Muchtar dan Pj Sekda Buteng, Maynu dan puluhan calon jamaah haji.

Dalam sambutannya, Kanwil Kemenag Sultra, Abdul Kadir, mengatakan akan meningkatkan kualitas pelayanan terhadap calon jamaah haji. Untuk tahun ini, pelayanan akan ditingkatkan, dimana kesehatan para calon jamaah menjadi yang terpenting dalam menjalankan ibadah haji.

“Untuk kesehatan sendiri, kami sudah menyiapkan dokter sama perawat untuk setiap rombongan maupun kloter haji sendiri. Jadi untuk pelayanan sendiri, kami sudah persiapkan matang-matang,” ucapnya.

Semntara itu, Wakil Bupati Buteng, La Ntau, mengapresiasi kegiatan kegiatan tersebut. Katanya haji merupakan kewajiban bagi umat islam untuk menjalankan syariatnya. Manasik haji dapat memberikan pemahaman sebelum berada di Tanah Suci.

“Mudah-han dengan adanya manasik haji bagi orang tua dan saudara kita dapat menjalan ibadah haji dengan sebaik-baiknya,” ulasnya.

La Ntau menuturkan untuk kuota haji Kabupaten Buteng, naik dibandingkan tahun lalu. Kenaikan ini pula tak lain dari kerja sama yang baik antara pemerintah daerah dan Kandepag provinsi maupu.

“Insyallah tahun depan kita akan berusaha, agar kuota haji untuk Buteng akan naik lagi. Agar saudara maupun orang tua kita dapat menjalankan ibadah haji secepatnya,” ungkapnya.

Selain itu, Kepala Kandepag Buteng, Muchtar, menambahkan untuk kuota haji Buteng berjumlah 39 orang, terdiri dari 17 laki-laki, dan 22 perempuan.

“39 calon jamaah ini nantinya akan bergabung bersama calon jamaah haji dari Busel, Bau-bau dan Buton,” pungkasnya.

Laporan: Ali Tidar
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.