Pemda Konut Dukung Sensus Penduduk 2020

SULTRAKINI.COM: KONAWE UTARA –
Badan Pusat Statistik Kabupaten Konawe Utara (Konut) menggelar rapat koordinasi persiapan sensus penduduk (RKSP) tahun 2020, Rabu (12/02/20).

Bertempat di Aula Anawaingguluri Kantor Bupati Konut RKSP tersebut dihadiri Bupati Konut, Ketua DPRD Konut, Kapolres, Kepala BPS, Sekda, Asisten III, Forkopimda, Kadis Dukcapil, serta para Kepala OPD se- Kabupaten Konut.

Bupati Konut Ruksamin saat membuka RKSP mengatakan Pemerintah Daerah (Pemda) Konut siap mendukung dan mensukseskan Sensus Penduduk 2020.

“Ini merupakan dasar penyusunan kebijakan pemerintah pusat hingga pemda untuk mewujudkan program Bapak Presiden RI meliputi pembangunan sumber daya manusia (SDM), pembangunan infrastruktur, penyederhanaan segala bentuk kendala regulasi, penyederhanaan birokrasi serta transformasi ekonomi,” ujar Ruksamin.

Ia menambahkan data dan informasi statistik inilah yang dibutuhkan oleh pemerintah sebagai dasar kebijakan yang relevan dengan kondisi sosial ekonomi penduduknya.

Kampus

“Semoga dengan sensus penduduk tahun ini kita memiliki pijakan yang kuat dalam merancang masa depan Konawe Utara beberapa tahun yang akan datang,” tambahnya.

Ditempat yang sama kepala BPS Konut, Maswiah mengatakan, SP 2020 ini sangat penting karena berdasarkan UUD nomor 16 tahun 1997 tentang statistik dan PP nomor 51 tahun 1999 tentang penyelenggaraan statistik serta sejalan dengan rekomendasi PBB mengenai SP dan perumahan tahun 2020.

“Dengan tujuan utama sensus penduduk SP 2020 yakni merekam langsung data penduduk, menyediakan data penduduk de facto dan de jure agar tidak ada perbedaan data antara BPS dan Ditjen Dukcapil, ” ungkap Kepala BPS Konut.

“Untuk itu kami memohon dukungan dari Bupati Konut, serta mengimbau seluruh OPD/Instansi pemerintah hingga wilayah adminstrasi terkecil dan masyarakat kabupaten Konut untuk turut serta mendukung pelaksanaan SP 2020,” tutupnya.

Laporan: Aripin Lapotende

Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.