Pemkab Buton Gelar Bimtek Penginputan Indeks Inovasi Daerah

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Pemerintah Kabupaten Buton menggelar bimbingan teknis (bimtek) penginputan indeks inovasi daerah di aula Kantor Bupati buton pada Senin, 17 Februari 2020.

Bintek yang diikuri oleh 52 peserta dari admin penginput inovasi daerah organisasi perangkat daerah itu dibuka oleh Bupati Buton, La Bakry.

Dalam sambutanya, La Bakry mengatakan dengan peningkatan kemampuan pemerintah daerah dalam menginput inovasi daerah pada OPD dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

“Kabupaten Buton mempunyai kapasitas fiskal yang memadai, maka sangat leluasa untuk menciptakan inovasi dan meningkatkan kesejahteraan rakyat,” kata La Bakry.

Di hadapan Kepala Pusat Litbanh Inovasi Daerah Badan Litbang Kemendagri, Matheos yang hadir sebagai pemateri, Bupati Buton berharap pemerintah pusat dapat memberikan keleluasan pemerintah daerah dalam pengelolaan sumber daya alam, misalnya pengelolaan hasil tambang dengan demikian investor dapat dikontrol oleh pemerintah melalui pemerintah daerah.

Fortune

Sementara itu, dalam memaparkan materinya, Matheos mengatakan kepala daerah berperan besar memberdayakan balitbang Ddaerah dalam percepatan pembangun daerah yaitu melalui bimbingan teknik yang diselenggarakan dalam upaya peningkatan sumberdaya manusianya.

“Pihak Balitbang Kemendagri RI terus berupaya mendorong pelaksanaan inovasi pada pemerintah daerah,” kata Matheos.

“Inovasi daerah sangat menentukan daya saing dalam memperolah dana transfer dari pusat,” tambahnya.

Turut hadir dalam kegiatan bimtek itu pejabat eselon II dan III lingkup Pemerintah Kabupaten Buton.

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.