Personel Basarnas Kendari Kembali Di-rapid Test

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Basarnas Kendari mengadakan pemeriksaan rapid test ke-2 di Aula Basarnas Kendari, Rabu (15/7/2020).

Sebanyak 99 personel Basarnas Kendari mengikuti pemeriksaan rapid test dengan melibatkan tim sampling Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara yang tergabung dalam gugus tugas Covdi-19 Sultra.

“Dari keseluruhan 99 (orang) ini dilakukan kepada tenaga rescuer dan anak buah kapal, serta tenaga kontrak Basarnas Kendari,” jelas Kepala Basarnas Kendari, Aris Sofingi, Rabu (15/7/2020).

Kegiatan rapid test merupakan hasil koordinasi Basarnas Kendari dengan pihak Satgas gugus tugas Covid-19 Sultra.

Rapid test dilakukan guna mengetahui apakah personel memiliki risiko tinggi mengalami suatu masalah kesehatan atau skrining awal. Alat rapid test akan mendeteksi antibodi, yaitu IgM dan IgG yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus. Antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus.

“Dari 99 anggota yang melaksanakan rapid test, semua dinyatakan non-reaktif dan tidak terindikasi,” ucapnya.

Aris juga berharap pemeriksaan kesehatan tersebut sebagai upaya mendeteksi dini personel Basarnas Kendari terpapar virus atau tidak, guna segera dilakukan tindakan intensif. Selain memberikan gambaran kondisi kesehatan masing-masing personel, pihaknya juga bisa lebih merasa aman untuk beraktivitas dalam memberikan bantuan SAR kepada masyarakat.

“Sesuai arahan pimpinan untuk tetap menjaga agar tetap menjalankan protokol Covid-19, seperti menggunakan masker, menerapkan physical distancing, tetap sering mencuci tangan dengan sabun, serta tetap menjaga kondisi tubuh untuk selalu dalam keadaan fit,” tambahnya. (C)

Laporan: Riswan
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.