Pokja PUG dan Focal Point Tingkat SKPD Terbentuk di Konut

SULTRAKINI.COM: KONAWE UTARA – Koordinasi kelompok kerja pengarusutamaan gender (Pokja PUG) dan Focal Point PUG tingkat SKPD resmi dibentuk Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Konawe Utara (Konut), Provinsi Sulawesi Tenggara, Rabu (5/7/2017).

Pelaksana Tugas Kepala DP3A Martina mengatakan, salah satu tujuan pembentukan keduanya untuk memberikan pedoman kepada SKPD, kecamatan, kelurahan dan desa dalam penyelenggaraan pemerintah yang responsif gender sekaligus sebagai langkah awal menyamakan persepsi tentang perlindungan perempuan.

“Dengan pelaksanaan perencanaan penganggaran yang responsif gender di setiap SKPD dapat diketahui berapa besar anggaran yang diperuntukkan bagi perempuan dan lebih mudah pemetaan tentang pemenuhan hak-hak perempuan,” kata Martina.

Pokja PUG nantinya akan memiliki tugas mempromosikan dan memfasilitasi PUG kepada masing-masing SKPD serta melaksanakan sosialisasi dan advokasi PUG kepada camat dan desa/kelurahan dan menyusun rencana kerja Pokja PUG setiap tahun.

Sedangkan Tim Focal Point bertindak mempromosikan dan memfasilitasi PUG pada unit kerja masing-masing, memfasilitasi penyusunan rencana kerja SKPD yang berperspektif gender, melakukan sosialisasi dan advokasi PUG kepada seluruh pejabat dan staf di lingkungan SKPD.

“Melalui pembentukan Pokja PUG dan Focal point tingkat SKPD dapat di sinkronkan dengan program-program Pemda Konut sehingga integrasi konsep gender kedalam program kegiatan di seluruh bidang pembangunan bisa terlaksana dengan baik,” jelasnya.

Dalam hal ini Sekda Konut Martaya terpilih sebagai ketua, Kepala Bappeda Konut Antarikda sebagai wakil ketua dan Kepala DP3A Martina sebagai sekretaris.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.