Sepuluh Desa di Konkep ‘Miskin Listrik’

SULTRAKINI.COM: KONAWE KEPULAUAN – Sepuluh desa di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Sulawesi Tenggara, belum teraliri listrik. Wilayah hasil pemekaran dari Kabupaten Konawe pada 2013 lalu itu hingga kini listrik masih tinggal harapan warga.

Informasi di himpun SultraKini.Com, kesepuluh desa tersebut berlokasi di Kecamatan Wawonii Selatan, yakni Desa Wungkolo, Bobolio, Lawey, Puuwatu, Sawa patani, Sawaea, Baku baku, Wawo One, Wawouso dan Desa Wawouso Baru.

Salah Seorang Warga Desa Bobolio, Kecamatan Wawonii Selatan, Muh. Talib mengungkapkan, aliran listrik dari PLN pernah menerangi rumahnya, termasuk warga lainnya, tetapi tidak bertahan lama. Akhirnya ia hanya menggunakan mesin genset pribadi untuk tetap mendapatkan pasokan listrik.

“Memang dulu sempat ada tenaga pembangkit listrik yang difungsikan di desa kami, sekarang sudah tidak difungsikan lagi,” ucapnya, Minggu (16/04/2017).

Pria berusia 45 tahun ini berharap, Pemerintah Daerah Konkep memberikan perhatian terhadap kebutuhan listrik desa mereka. Apalagi mengoperasikan mesin genset butuh biaya mahal hanya untuk menerangi setiap malam hari.

“Seandainya ada perhatian pemerintah daerah, kita gampang untuk dapatkan (listrik) dari potensi air di desa ini dan kalau itu dibuat saya rasa sebelas desa ini pasti dapat penerangan,” terangnya.

Talib juga menghawatirkan, desa mereka yang berdekatan dengan lokasi pantai. Pasalnya sewaktu-waktu abrasi pantai mempengaruhi kualitas air sumur yang dikonsumsi untuk kebutuhan sehari-hari.

(Baca juga: Kapan Konkep Teraliri Listrik 24 Jam?

Laporan: Aldi Dermawan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.