SUARA

Tim BPK Sultra di Buteng, Sekda Minta OPD Tidak Menghindar

SULTRAKINI.COM: BUTON TENGAH – Sekretaris Daerah Buton Tengah (Buteng), Kostantinus Bukide dalam rapat koordinasi dalam rangka pemeriksaan sementara atas laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Buteng, Organisasi Perangkat Daerah diminta tidak kemana-mana alias menghindar untuk beberapa hari ke depan.

Pasalnya, dalam rapat koordinasi tersebut dihadiri oleh tim Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Provinsi Sulawesi Tenggara yang dipimpin oleh Bulyani Aladin.

“Jangan ada kesan kita menghindar, walaupun keuangan punya data-data,” ujar Kostantinus Bukide di hadapan OPD di aula kantor Sekretariat Daerah Buteng, Jumat (31/1/2020).

Bukide menambahkan, OPD harus mendukung kerja-kerja BPK Sultra yang akan berada di Buteng dalam 20 hari ke depan.

yamaha

Ditempat yang sama, Ketua Tim BPK RI Sultra, Bulyani Aladin, mengatakan pihaknya akan memeriksa semua dokumen yang dimiliki oleh OPD dengan cara metode pemeriksaan lanjut Bulyani, diantaranya pemeriksaan dokumen, wawancara, cek fisik lapangan, dan pengukuran berkaitan dengan keuangan. Tetapi jika ada masalah akan dicek pasa tingkat lelangnya, hingga ke bawah.

“Dokumen nanti kami akan minta bersifat rutin dan mandatory (wajib). Pemeriksaan, di antaranya kaitanya dengan keuangan, pemeriksaan tujuan tertentu (khusus) juga akan berlanjut pemeriksaan investigasi,” ucap Bulyani.

BPK Sultra berharap OPD bisa berkoordinasi dengan bendahara masing-masing untuk bekerja sama. “Kita berharap OPD dapat meluangkan waktunya dan bekerja sama,” tambahnya.

Laporan: Muhammad Shabuur
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.