DLH Konawe Minta Warga Disiplin Membuang Sampah Sesuai Jadwal

  • Bagikan
Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Herianto Wahab (tengah), Sekretaris DLH, Agus Salim (kiri), dan Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas DLH, H. Safruddin (kanan), (Foto: Andi Nur Aris. S/SULTRAKINI.COM) 
Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Herianto Wahab (tengah), Sekretaris DLH, Agus Salim (kiri), dan Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas DLH, H. Safruddin (kanan), (Foto: Andi Nur Aris. S/SULTRAKINI.COM) 

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara mengimbau kepada masyarakat agar mematuhi jadwal membuang sampah di tempat pembuangan sampah (TPS) di sekitar permukiman masing-masing.

Pasalnya, masyarakat dinilai kurang disiplin dengan waktu yang sudah diminta oleh dinas. Sehingga kerap kali petugas pengangkut sampah sudah bertugas, namun sampah masih berserakan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Konawe, Herianto Wahab, mengatakan, kesadaran masyarakat untuk membuang sampah sesuai jadwal memang masih kurang disiplin, karena masih ditemukan sampah pada jam-jam di luar pembuangan sampah.

“Petugas kita sudah bekerja maksimal, mengambil sampah sesuai jadwal, namun masyarakat masih kurang disiplin masih membuang sampah yang bukan pada waktunya,” kata Herianto diruang kerjanya, Selasa (15/06/2021).

Menurutnya, terkait pembuangan sampah di tiap-tiap TPS itu bukan masalah asal sesuai jadwalnya, karena besoknya akan diangkut oleh pihak kebersihan. Namun kenyataannya akibat kurangnya disiplin masyarakat yang tidak mematuhi jadwal pembuangan sampah sehingga terjadi penumpukan sampah.

“Seandainya masyarakat disiplin, tidak akan kita temukan tumpukan sampah di TPS diluar dari jadwal yang sudah ditentukan,” ungkapnya.

Mantan Kadis Satpol-PP itu mengharapkan, kesadaran masyarakat untuk mematuhi jadwal membuang sampah, sehingga tidak terjadi penumpukan sampah di TPS yang disediakan. 

Baca:   Kemasan Plastik Dilarang Penggunaannya pada OPD Wakatobi

“Kalau jadwal membuang sampah dipatuhi akan memudahkan petugas kami dalam mengangkut sampah hingga akhirnya tidak ada lagi sampah yang berserakan,” harapnya.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris DLH Konawe, Agus Salim mengatakan jika pihaknya sudah menyampaikan ke pemerintah tingkat kecamatan dan kelurahan agar terus mensosialisasikan kepada warganya terkait membuang sampah sesuai jadwal dan tidak sembarangan.

“Kita sudah mensosialisasikan kepada Camat dan Lurah bahkan sudah surati tentang jadwal pembuangan sampah, karena mereka paling dekat dengan warganya,” katanya.

Masih kata Agus, untuk jadwal membuang sudah diatur dari jam 6 sore sampai pukul 5pagi (dini hari), sesuai dengan Perda Nomor 4 tentang Pengelolaan Sampah. Diluar jadwal tersebut sudah dilarang warga membuang sampah.

“Tapi pada kenyataannya masih ada warga yang suka buang sampah suka-sukanya diluar jadwal telah ditentukan,” imbaunya.

Untuk itu, Agus mengharapkan peranan pemerintah setempat Camat atau Lurah untuk membantu pihak DLH dalam mensosialisasikan jadwal pembuangan sampah secara disiplin.

Dengan begitu, masih kata dia, masyarakat akan membantu para pertugas kebersihan dalam menjalankan tugasnya.

“Kalau masyarakat sudah disiplin, petugas kami juga tidak setengah mati kerja. Dan otomatis daerah kita akan terlihat bersih,” pungkasnya. (B)

Laporan : Andi Nur Aris.S
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan