Empat Minggu Bekerja, Puskesmas Kontukowuna Berhasil Capai Target Vaksinasi 75 Persen

  • Bagikan
Kapus Kontukowuna Ramlan (tengah) saat berpose dengan tim vaksinator di Puskesmas Kontukowuna. (Foto: Hasan Jufri/SULTRAKINI.COM)
Kapus Kontukowuna Ramlan (tengah) saat berpose dengan tim vaksinator di Puskesmas Kontukowuna. (Foto: Hasan Jufri/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: MUNA – Untuk mencapai tingkat kekebalan tubuh masyarakat (herd immunity), pemerintah pusat hingga daerah terus menggenjot program vaksinasi.

Pemerintah pusat telah menargetkan agar tingkat vaksinasi disemua daerah harus mencapai 70 persen.

Merespon target tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, memberikan target pada seluruh puskesmas untuk melakukan vaksinasi masyarakat pada wilayah kerjanya minimal 70 persen hingga akhir Desember 2021 ini.

Puskesmas Kontukowuna, yang menanggani enam desa pada November 2021 lalu, tingkat partisipasi vaksinasi baru mencapai 22 Persen, jauh dari target yang diberikan.

Namun berkat kegigihan dan kerja keras pihak Puskesmas, TNI, Polri, hingga pemerintah desa saat ini tingkat partisipasi vaksinasi sudah mencapai 75 persen.

“Bulan lalu (November) kita baru mencapai 22 persen, alhamdulillah saat ini berkat kerjasama yang baik antara tim dari Puskesmas, TNI, Polri hingga pemerintah desa kita sudah mencapai 75 persen,” ungkap Ramlan, Kepala Puskesmas Kontukowuna, Sabtu (25/12/2021).

Langkah yang dilakukan dalam mencapai target itu kata Ramlan, pihaknya melakukan door to door atau langsung mengetuk pintu rumah-rumah warga dengan melakukan pendekatan yang persuasif.

“Kita kunjungi setiap rumah, kita lakukan pendekatan secara humanis dan persuasif, alhamdulillah hasilnya memuaskan,” beber Ramlan.

Baca:   Pemeliharaan Jembatan di Jalan Edy Sabara Berlanjut

Ramlan menambahkan, dari enam desa yang menjadi sasaran vaksinasi capaian tertinggi berada di Desa Kontukowuna. Sebanyak 443 orang telah melakukan vaksinasi dari jumlah sasaran 512 orang atau sebesar 86 persen.

“Capaian tertinggi ada didesa Kontukowuna, 443 orang telah melakukan vaksinasi dari jumlah sasaran 512 orang atau sudah mencapai 86 persen,” ucapnya.

Ramlan menambahkan, diakhir Desember 2021 ini pihaknya optimistis akan melakukan vaksinasi pada masyarakat Kecamatan Kontukowuna hingga mencapai 80 persen.

“Kami optimis, disisa waktu sampai 31 Desember ini kita targetkan bisa sampai 80 persen,” tuturnya.

Olehnya itu, pihaknya mengajak pada masyarakat untuk tidak takut melakukan vaksin, mengingat vaksin baik untuk kekebalan tubuh.

“Ayo vaksin, jangan takut, ini semua untuk kesehatan, vaksin aman dan halal,” tutupnya. (C)

Laporan: Hasan Jufri
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan