Angin Kencang Porak-porandakan Panggung Utama dan Stand Wakatobi Wave 2021

  • Bagikan
Kondisi panggung dan stand yang roboh (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Angin kencang yang melanda pulau Wangi-wangi Kabupaten Wakatobi memporak-porandakan panggung acara Wakatobi Wonderful Festival and Expo (Wave) 2021 di Marina Togo Mowondu, Minggu (5/12/2021) dini hari.

Angin kencang disertai dengan hujan deras ini terjadi sekitar pukul 04.30 Wita dini hari.

Selain panggung utama yang roboh, terdapat juga sembilan tenda, dan lima stand expo UMKM dan ekonomi kreatif yang rusak akibat angin kencang ini.

Akibat angin kencang ini, sejumlah besi tiang penyangga panggung utama, dan tenda  jatuh kelaut karena diangkat oleh angin kencang.

Kondisi panggung dan stand yang roboh hingga jatuh ke laut (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)

Selain itu beberapa tiang lampu jalan tenaga surya di Marina Togo Mowondu Kecamatan Wangi-wangi juga ikut tumbang.

“Pertama itu mendung, kemudian kencang angin, sehingga satu persatu tenda diangkat,” kata salah seorang saksi mata Timbol saat di wawancara di lokasi kejadian

Timbol mengatakan, pertama tenda yang roboh adalah tenda kecil, namun lama kelamaan angin makin kencang hingga panggung utama pun ikut roboh.

“Sekitar lima hingga 10 menit angin kencang berlangsung, panggung utama langsung roboh,” paparnya

Saat angin kencang, masih terdapat sejumlah karyawan berada diatas panggung, namun saat melihat panggung akan roboh, sejumlah karyawan ini pun langsung berlarian menyelamatkan diri masing-masing.

Baca:   Dosen UHO Edukasi Petani di Kabupaten Konawe Mitigasi Hama Wereng Coklat
Kondisi panggung dan stand yang roboh (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)

Amatan media ini, sekitar pukul 06.00 Wita panitia Wave 2021 dan petugas kebersihan terlihat berjibaku mengangkat sejumlah tenda yang jatuh ke laut.

Rangkaian acara Wave 2021 yang rencana awal diselenggarakan sampai selesai di Marina Togo Mowondu hingga 6 Desember 2021 terancam tidak dilanjutkan atau dipindahkan karena panggung telah rusak.

Sebelumnya, lokasi pelaksanaan Wakatobi Wave juga sempat diguyur hujan seharian pada Sabtu, 4 Desember 2021, hingga menyebabkan sebagian lokasi pelaksanaan pembukaan acara tergenang air.

Akibat hujan deras itu pula, pembukaan Wakatobi Wave terpaksa sempat di tunda lebih dari dua jam. Sebelumnya dijadwalkan mulai pada 13:30 Wita namun sampai pukul 16:00 Wita belum saja mulai. (B)

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan