Festival Pesona Budaya Tua Buton

Basarnas Berhasil Selamatkan Nelayan Asal Wakatobi yang Nyaris Tenggelam

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Tiga orang nelayan asal Wakatobi yang dilaporkan tenggelam saat berlayar di Perairan Ereke, Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra) akhirnya ditemukan selamat oleh Basarnas pada Jumat (31/5/2019), sekira pukul 03.00 Wita.

Kepala Basarnas Kendari, Djunaedi, mengatakan saat ditemukan tiga nelayan tersebut dalam kondisi terombang-ambing dan bertahan di atas sampan.

“Saat proses pencarian, para korban sempat terkendala karena faktor cuaca dan gelombang ombak yang tinggi. Namun berkat kerja keras tim rescue, ketiga warga itu berhasil ditemukan,” terang Djunaedi, Jumat (31/5/2019).

Keetiga nelayan kini dievakuasi ke Pelabuhan Wanci, Kabupaten Wakatobi, untuk selanjutnya diserahkan ke pihak keluarga.

“Ketiga nelayan sudah kita serahkan ke pihak keluarga masing-masing dan operasi pencarian korban tenggelam dinyatakan resmi ditutup,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, 29 Mei 2019, sekira pukul 10.00 Wita, sebuah perahu mengangkut tiga orang nelayan dilaporkan tenggelam usai dihantam ombak di Perairan Ereke.

Pos SAR Wakatobi yang menerima laporan tersebut, langsung terjun ke lokasi guna proses evakuasi menggunakan rigid inflatable boat (RIB). Di lokasi musibah tim menemukan ketiganya terobang ambing di atas sampan.

(Baca: Waspada Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi Hingga 29 Mei)

Laporan: Wayan Sukanta

Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.