000 HPN Prov

BMKG Sultra Keluarkan Peringatan Gelombang Tinggi, Masyarakat Diminta Waspada

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan terjadi gelombang tinggi di beberapa wilayah perairan di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Data BMKG menunjukkan, gelombang tinggi dengan frekuensi 1,25-2,5 meter terjadi sekitar pukul 08.00 Wita sampai 20.00 Wita di perairan Kepulauan Wakatobi, laut Banda Timur Sultra, perairan Kepulauan Banggai, dan perairan Kepulauan Sula.

“Gelombang tinggi ini diprakirakan terjadi pada Senin, 21 Januari 2019. Masyarakat nelayan diminta waspada untuk berlayar karena kecepatan angin diprakirakan mencapai 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter,” ujar Prakirawan Perairan BMKG Sultra, Gabriella Larasati Stasiun Meteorologi Maritim Kendari dalam rilisnya, Minggu (20/1/2019).

Tidak hanya nelayan, sejumlah armada pelayaran lainnya, seperti kapal tongkang, kapal feri, kapal ukuran besar, dan kargo juga diminta waspada.

“Kapal tongkang, kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 m. Kapal Feri, kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 m. Kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 m,” tambahnya.

Laporan: Wayan Sukanta
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.