Iklan Clarion

Buruknya Jaringan Hambat Pelayanan di Disdukcapil Mubar

SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT – Koneksi internet di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Muna Barat (Mubar) kerap mengalami gangguan, akibatnya proses pencetakan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) melambat.

Kepala Disdukcapil Mubar melalui Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK), La Sagala menjelaskan, keterlambatan pelayanan disebabkan kendala jaringan komunikasi data atau yang biasa dikenal Jarkomdat. Mandeknya pelayanan tersebut bukanlah keinginan dari Capil melainkan kendala jaringan tersebut.

“Kita selalu dihadapkan dengan masalah itu, jaringan ini kita ketergantungan dengan pusat, jadi kalau cuacanya tidak bagus otomatis layanan terputus,” terang Sagala, ditemui SultraKini.Com Selasa (25/9/2018).

Akibat dari buruknya jaringan, layanan perbaikan data dan pencetakan KTP-el tidak bisa dilakukan karena menggunakan jaringan. Padahal Disdukcapil tengah meningkatkan pelayanan khususnya masyarakat Mubar yang ingin pengurusan berkas kependudukan menghadapi pemerimaan CPNS 2018

(Baca: Tangani Berkas CPNS, Disdukcapil Mubar Tambah Jam Kerja)

Namun untuk pelayanan lainnya seperti pembuatan kartu keluarga (KK) maupun akte kelahiran tidak ada masalah.

Bahkan belum lama ini, pelayanan untuk pencetakan KTP-el sempat terhenti selama empat hari akibat buruknya koneksi jaringan.

Sagala meminta kepada masyarakat Mubar agar memahami kondisi tersebut. Disdukcapil juga menegaskan tidak ada tebang pilih dalam pelayanan berkas kependudukan.

“Kita juga maunya pelayanan itu cepat, hanya ya karena tadi itu. Kemudian pelayanan di sini (Capil) tidak ada sistem keluarga, jadi itu tidak benar,” tambahnya.

Pihaknya juga terus berupaya berkoordinasi ke pusat demi mengatasi kendala tersebut.

Untuk diketahui, sejak 24 September 2018 jaringan internet di Disdukcapil masih dalam keadaan stabil. Selama dua hari terakhir ini kondisinya cukup baik.

Laporan: Akhir Sanjaya
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.