Iklan Clarion

Gempa Bermagnitudo 6,9 Guncang Luwuk Terasa Sampai Kendari

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Gempa bumi bermagnitudo 6,9 mengguncang Kota Luwuk, Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Jumat (12/4/2019) sekira pukul 19:40:49 Wita.

Dari laporan BMKG, gempa terjadi akibat aktifitas sesar di Banggai dengan koordinat 1.90LS-122.54BT, 87 km Banggai, di kedalaman 10 Km.

[ Klik Banner untuk ke Halaman Registrasi ]

Gempa dirasakan di daerah Gorontalo, Poso, Manado, Pinrang, Morowali, Banggai dan Palu, Makassar, Sumalata, Kotamobagu, Palopo. Sedangkan di Sultra turut dirasakan di daerah Kolaka, Kolaka Utara, Toli-toli, Konawe, Konawe Kepulauan dan Kendari.

Kemudian pada pukul 20:02:13 Wita, terjadi gempa susulan bermagnitudo 4,9 di Lasusua, Kolaka Utara, Sultra, dengan titik koordinat 3.58LS-121.03 BT, 11.8 km barat daya, di kedalaman 10 Km. Gempa tersebut dirasakan di Purehu, Kolaka Utara, Sultra.

Atas gempa tersebut BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami, namun telah dicabut.

Dari video amatir berdurasi 48 detik yang beredar di sosial media (sosmed) warga Kota Luwuk, Ibu Kota Kabupaten Banggai terlihat panik saat terjadi gempa. Dalam video tersebut terlihat warga berlarian di jalan menuju tempat tinggi.

Laporan: Intan Juwita
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.