Pilkada koltim

Kejar Akreditasi, RSUD Wakatobi Gandeng RS Dr. Soetomo Surabaya

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wakatobi terus melakukan pembenahan baik pelayanan maupun peningkatan kemampuan pegawainya. Hal ini dilakukan agar dapat terakreditasi secara nasional.

Tak tanggung-tanggung RSUD Wakatobi menghadirkan tim dari RS Dr. Soetomo Surabaya untuk memberikan pelatihan atau workshop akreditasi tentang Pengendalian dan Pencegahan Infeksi (PPI), dan Pelayanan Kefarmasian dan Penggunaan Obat (PKPO) kepada ratusan pegawainya baik itu tenaga medis, security, maupun cleaning service, mulai tanggal 6 sampai 7 Mei 2019.

Usai memberikan materi, para pemateri dari RS Dr. Soetomo Surabaya ini langsung meninjau sistem pelayanan di RSUD Wakatobi.

Direktur RSUD Wakatobi, dr. Munardin Malibu, mengatakan penyelenggaraan workshop akreditasi ini sebagai bagian dari pendampingan terhadap RSUD Wakatobi.

“Workhsop ini merupakan salah satu proses untuk mewujudkan RSUD Wakatobi yang terakreditasi nasional. Olehnya itu kami ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada bapak dan ibu narasumber RSUD dr. Soetomo yang bersedia meluangkan waktunya untuk melakukan workshop dan pembimbingan kepada RSUD Wakatobi,” Kata Munardin, Selasa (7/5/2019).

Pilkada

Akreditasi rumah sakit merupakan salah satu cara yang ditempuh untuk mendorong RSUD melakukan pelayanan publik yang tepat bagi masyarakat, dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat, sekaligus mendorong masyarakat untuk melakukan kontrol terhadap kinerja RSUD.

“Akreditasi rumah sakit merupakan urusan wajib setiap rumah sakit sebagaimana telah diamanatkan dalam undang-undang 44 tahun 2009 tentang rumah sakit. Kita tahu bersama bahwa akreditasi bukan sesuatu yang mudah dilaksanakan mengingat masih banyaknya kekurangan-kekurangan yang ada pada rumah sakit kita ini. Oleh karena itu perlu kerjasama yang baik dari kita semua untuk mewujudkan akreditasi rumah sakit ini,” ungkapnya.

Ia berharap, setelah kedatangan narasumber dari RSDr. Soetomo, maka pihaknya dapat berbenah sehingga mampu mendapatkan status akreditasi dimana waktu penilaiannya akan dilaksanakan pada akhir bulan Mei 2019.

Pemateri Workshop PPI yaitu kepala bidang pelayanan medik RS Dr. Soetomo Surabaya, dr. Tri Wahyu Martanto, Sp.OT (K) dan Tri Budi Lestari, S.Kep. Ns. Sementara pemateri workshop PKPO yaitu saraf Apoteker, RS Dr. Soetomo Surabaya Anugraheny Ayu Paramita, S.Farm. Klin, Apt dan Irvina Harini, S.Si, Sp, FRS, Apt.

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.