SUARA

Lelet Akses Server Pendaftaran CPNS? Berikut Penyebab dan Tipsnya

SULTRAKINI.COM: Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil 2019 resmi dibuka sejak 11 November 2019 pukul 23.11 WIB. Pendaftaran dilakukan pada portal resmi online SSCAN. Namun tak jarang pelamar menemukan kendala saat mengakses laman resmi CPNS tersebut. Lantas bagaimana mengatasi hambatan saat pendaftaran online CPNS 2019?

Resminya pendaftaran CPNS secara online, membuat masyarakat yang memenuhi syarat dan memiliki minat dalam mengikuti seleksi sangat antusias dan langsung melakukan pendaftaran pada laman https://sscasn.go.id ini.

Pendaftaran yang telah dibuka ini sontak membuat mereka berbondong-bondong membuka laman tersebut. Diketahui jumlah pelamar CPNS tahun ini sudah submit sebanyak 2.247 pelamar yang tercatat hingga pukul 11.23 WIB dan dikonfirmasi oleh Plt Kepala Biro Humas BKN Prayono.

“Mungkin bisa saya update bahwa jumlah pelamar yang sudah berhasil submit hingga saat ini sudah 2.247. Sejauh ini pada siang hari situs sudah berjalan dengan baik, walaupun tidak bisa diakses dengan cepat,” ucap Prayono kepada Kompas.com, Selasa (12 November 2019).

Ia pun mengatakan, sudah sekitar 387.000 pelamar membuat akun di laman tersebut dan sekitar 19.800 pelamar mengisi formulir di hari yang sama.

Keantusiasan masyarakat terhadap pendaftaran CPNS ini membuat laman pendaftaran tersebut menjadi lelet dan down yang diakibatkan oleh banyaknya orang mengakses laman tersebut di saat bersamaan. Akibatnya server menjadi sulit untuk diakses dan membuat para pelamar kewalahan dalam melakukan pendaftaran. Adapun yang berhasil mengakses situs tersebut juga akan mengalami kegagalan akses saat hendak melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Hal tersebut dirasakan oleh para netizen yang mengeluh akibat kelambatan server ini, sehingga munculah cuitan para netizen yang mempertanyakan hal tersebut.

yamaha

Seperti cuitan pemilik akun Twitter @ariietrhmn pada 11 November 2019 yang menyamakan keadaan server yang lelet sekarang ini dengan kejadian tahun lalu, dan ada juga yang mengeluhkan hal yang sama.

Penyebab utama dari leletnya server ini adalah karena membludaknya jumlah pendaftar dan kurangnya kapasitas server sehingga tidak semua dapat langsung mengaksesnya. Karena persoalan tersebut, BKN memitigasi atau memberikan upaya dari membludaknya jumlah pelamar dengan mensiasati waktu secara tepat agar dapat mengakses laman dengan lancar.

Menurut Plt Kepala Biro Humas BKN Prayono, waktu yang tepat untuk bisa mengakses laman pendaftaran adalah saat dini hari atau di saat pagi sebelum menjelang subuh. Mengapa? Karena itulah saat dimana orang-orang berhenti untuk mengaksesnya, sebab secara umum para pelamar CPNS mengakses laman tersebut mulai dari pagi hingga malam hari saja dan sangat jarang menggunakan di saat itu.

“Tadi saya iseng tanya kepada teman-teman saya yang dulunya sukses mendaftar CPNS. Kira-kira jam berapa sih yang gampang untuk masuk ke situs? Mereka bilang kira-kira pagi sebelum subuh ya, jam 03.00 WIB sampai jam 04.00 WIB, itu lebih mudah,” terangnya.

Bukan hanya dengan melihat waktu yang tepat untuk dapat mengakses server, tetapi perlu melakukan hal lainnya. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan saat server eror yang dibagikan oleh BKN agar dokumen persyaratan terunggah ke laman pendaftaran CPNS di sscn.bkn.go.id.

1. Membersihkan riwayat pelacakan, cache, dan cookies.
2. Menggunakan koneksi internet yang cukup stabil.
3. Gunakan koneksi internet yang menyediakan space bandwith yang cukup agar dalam pengiriman file atau berkas tidak mengalami kendala.

Sumber: Kompas.com & tribunnews.com
Laporan: Nurul Sadrina Sari

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.