SUARA

Lewati Jalur Ekstrem, Bupati Konut Resmikan Penggunaan Listrik di Wilayah Terisolir

SULTRAKINI.COM : KONAWE UTARA – Upaya Pemerintah Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara untuk menerangi wilayah terisolir terus dilakukan dengan menghadirkan aliran listrik PLN langsung di rumah warga.

Kecamatan Lasolo Kepulauan misalnya, wilayah ini berada di kepulauan pesisir. Untuk menuju daerah tersebut harus menggunakan kapal sejenis kantiting atau speed boat dengan menerjang ombak yang sangat tinggi. Sehingga menjadikan Kecamatan Lasolo Kepulauan wilayah teritorial Konut yang tergolong terisolir.

Kondisi gelap dan sulit dijangkau, gelombang ombak tinggi, akses hanya dapat dijangkau dengan kapal membuat warga yang ada di wilayah tersebut seakan terisolasi. Terlebih lagi pada malam hari. Tidak ada aktivitas berarti yang dilakukan masyarakat.

Namun dengan komitmen Pemda Konut, hal tersebut terus diupayakan direalisasikan dengan mengalirkan listrik ke wilayah yang terisolir.

Meski banyak hambatan, Pemda konut di bawah kepemimpinan Ruksamin, PLN berhasil mengalirkan listrik kepada 323 pelanggan dari tiga desa di Kecamatan Lasolo Kepulauan, yakni Desa Boenaga, Waturambaha, dan Boedingin. Sehingga tersisa Desa Labengki dan Tapunopaka belum teraliri listrik.

Bupati Konut, Ruksamin menyerahkan bantuan dan meresmikan masuknya aliran listrik di Kecamatan Lasolo Kepulauan. (Foto: Ist)
yamaha

Di tengah ombak yang tinggi tidak mengurungkan niat Bupati Konut Ruksamin untuk menghadiri peresmian penggunaan lampu listrik di wilayah itu. Agenda ini juga dihadiri oleh Kapolres Konut AKBP Achmad Fathul Ulum SIK, Dandim 1417 Kendari diwakili oleh Pabung, Ketua DPRD Konut Ikbal.

Ruksamin mengatakan, mengalirkan listrik ke kecamatan tersebut, khusunya di Desa Boenaga, Waturambaha, dan Boedingin tidaklah mudah. Pasalnya, akses menjangkau wilayah tersebut sangatlah sulit.

“Alhamdulillah kita beryukur pagi ini dalam rangka meresmikan penggunaan lampu PLN Sambungan rumah yang kita sudah lama nantikan. Bahkan, jika kita pikir-pikir tidak masuk diakal PLN bisa masuk di desa ini, namun apa saya lakukan semua ini dalam rangka kita dorong pelayanan yang maksimal,” ucapnya di depan warga, Rabu (23/6/2020).

Kehadiran Ruksamin tersebut disambut haru warga sekitar, sebab daerah yang sudah puluhan tahun tidak menikmati aliran listrik PLN akhirnya bisa teraliri.

“Mewakili masyakarat saya di Kecamatan Laskep menyampaikan terima kasih kepada bupati Konut yang hadir untuk meresmikan penggunan listrik tersebut, setelah sekian lama akhirnya kami bisa menikmati aliran listrik,” ujar Camat Laskep, Abdullah.

Selain meresmikan penggunaan listrik, bupati Ruksamin membagikan bantuan sembako tahap II kepada warga yang terdampak Covid-19 serta membagikan vitamin dan susu formula bagi lansia dan balita. Termasuk memberikan bantuan bahan bangunan perumahan, berupa 20 sak semen dan 60 buah seng pada setiap rumah warga kurang mampu di Kecamatan Lasolo Kepulauan. (C)

Laporan: Aripin Lapotende
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.