SULTRAKINI.COM: KENDARI - Ketua Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Sulawesi Tenggara, La Ode Umar Bonte, diundang Kementerian Pemuda dan Olah Raga untuk ikut mengikrarkan Sumpah Pemuda di halaman Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (29/10/2017).
'Orasi untuk Sebuah Sumpah' Umar Bonte di GBK
Ketua DPD KNPI Sultra, La Ode Umar Bonte saat memberikan "Orasi untuk Sebuah Sumpah" yg diselenggarakan Kemenpora di Gelora Bungkarno, Minggu (29/10/2017) didampingi Sekjen DPP KNPI (topi putih). (Foto: ist/SULTRAKINI.COM)

Dalam acara itu, UB (sapaan akrabnya), diminta menyampaikan orasi kebangsaan sebagai tokoh nasional mewakili DPP KNPI di hadapan ribuan massa yang hadir. Acara bertajuk "Orasi untuk Sebuah Sumpah" tersebut dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89, dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olah Raga, Imam Nahrawi, dihadiri Sekretaris Jenderal DPP KNPI Fadhly Alimin, sejumlah OKP serta pengurus KNPI lainnya.

Menurut anggota DPRD Kota Kendari ini, peringatan HSP jangan hanya dijadikan seremoni belaka. Harus diwujudkan dalam karya nyata untuk kemajuan pembangunan bangsa. Upacara HSP terlalu kecil untuk menjadi ukuran kebangkitan pemuda. Lebih dari itu, HSP dimaknai dengan semangat bekerja untuk kemajuan.

“Saya percaya bahwa KNPI hari ini akan terus mengabdi kepada bapak ibu sekalian,” ujarnya saat di GBK.

Dia pun menyampaikan terima kasihnya kepada Menpora yang telah mengundang KNPI, khususnya DPD Sultra, untuk ikut dalam acara para tokoh nasional itu.

Bertepatan dengan upacara peringatan HSP di halaman Kantor Gubernur Sultra, Senin (30/10/2017), DPD KNPI Sultra mendapat undangan menghadiri acara di Kemenpora bersama DPP KNPI. Karenanya, kata dia, upacara di Pemrov hanya didelegasikan kepada para pengurus DPD Sultra.

"Saya mohon maaf kepada Pemprov Sultra dalam hal ini pihak Dinas Pemuda dan Olah Raga, karena saya tidak bisa hadir. Tapi ada teman-teman pengurus DPD yang mewakili," kata dia, yang mengaku masih berada di Jakarta.

Dalam melaksanakan perannya, KNPI saat ini tidak hanya akan melakukan pendekatan struktur tetapi juga melakukan pendekatan fungsi kepada masyarakat. Karena itu dia mengajak semua pihak membuka ruang seluas-luasnya dan terus memberikan dorongan kepada generasi muda untuk berbakti kepada bangsa dan negara.

Masih dalam rangkaian perayaan HSP tahun 2017, DPD KNPI Sultra akan memberikan penghargaan kepada para pemuda inspiratif Sultra pada malam penganugerahan, Senin (30/10/2017) malam di Grand Clarion Hotel Kendari. Sebelum acara itu, Senin sore diadakan dialog kepemudaan yang melibatkan para pengurus KNPI, OKP dan forum jurnalis Sultra.

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations