Iklan Clarion
Festival Pesona Budaya Tua Buton

Pemda Konawe Genjot Tiga Sektor Unggulan

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Dalam mengejar ketertinggalan dari daerah-daerah maju, Pemerintah Daerah Konawe berupaya memajukan perekonomian daerah melalui program sejuta sapi, sejuta ton beras, dan seribu kolam.

Dalam perkembangannya, Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara, mengatakan Pemda menggelontorkan anggaran daerah untuk menyiapkan 1.500 ton benih padi bagi para petani secara gratis. Pengadaan benih ini untuk ditanami di atas lahan 30 ribu hektare.

“Pemda melalui APBD menyiapkan 1500 ton benih padi khusus untuk petani. Benih juga menentukan kualitas dan produktivitas. Kita harapkan tahun ini mencapai target enam ton, kita sudah uji ubinan, hampir rata-rata enam ton,” ujarnya kepada Sultrakini.com, Jumat (17/5/2019).

Sementara program sejuta sapi, pengadaanya sekitar 1.000 ekor sapi jenis brahman cross dan 700 ekor sapi hasil penjaringan melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan setempat.

“Kita juga kerja sama dengan pihak ketiga, yaitu Bank Pembangunan Daerah. Kita harapkan masyarakat tidak hanya melakukan pengembangan, tetapi masuk ke sektor real bisnis,” tambahnya.

Masyarakat sendiri dipersilakan mendaftar untuk mendapatkan bantuan benih padi melalui Dinas Pertanian, dengan catatan mereka masuk dalam kelompok tani. Begitu juga program sejuta sapi, masyarakat bisa ke instansi terkait.

“Kita akan cek petani kita yang serius, kita fasilitasi mendapatkan kredit usaha rakyat, syaratnya mau kerja dan serius,” ucapnya.

Pemda juga berharap, jajaran pemerintah tingkat kecamatan berkontribusi demi kesuksesan program di sektor pertanian dan peternakan, serta sektor lainnya.

“Kita harapkan camat sebagai perpanjangan tangan kepala daerah, agar menyakinkan masyarakat Konawe, saatnya kita bergerak mengejar ketertinggalan kita dengan cara berproduksi di bidang pertanian, peternakan, dan perikanan,” tambahnya.

Laporan: Ulul Azmi
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.