Pemda Konsel Gelar Workshop Tata Cara Penyusunan LPPD

SULTRAKINI.COM: KONAWE SELATAN – Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan menggelar Workshop Tata Cara Penyusunan dan Penyampaian Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Tahun 2019di ruang rapat Rujab Bupati Konsel, Jumat ( 15/11/2019).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Konsel, jarif Sajang, dengan pemateri dari pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), yang pesertanya berasal dari utusan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Konsel.

“Pemda Konsel telah mendapatkan penghargaan dalam pengelolaan keuangan dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama 3 tahun berturut turut, dan juga telah mendapatkan nilai B atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP),” kata Sekda Konsel, Sjarif Sajang saat membuka kegiatan.

Meskipun meraih WTP tiga tahun berturut-turut, menurut Sjarif, PPD belum maksimal karena di tingkat provinsi, Konsel masih ada diurutan ketujuh. “Nah ini yang harus kita benahi agar terjadi peningkatan rangking dan menjadi yang terbaik,” ujar Sjarif.

Ia menyampaikan agar peserta mengikuti workshop dengan serius, setiap materi yang disampaikan dari pihak Kemendagri terkait tata cara penyusunan dan penyampaian LPPD.

Untuk itu, sambungnya, semua dinas yang melaksanakan urusan pemerintahan tertentu, wajib menyediakan  data indikator keluaran/out come.

“Nanti pihak Inspektorat memvalidasi data out come tersebut dan melakukan penilaian atas kebenaran informasi yang dituangkan dalam rancangan LPPD, yang selanjutnya hasil validasi tersebut dilampirkan dalam dokumen LPPD kita,” tandasnya.

Sementara itu dalam laporannya, Ketua panitia kegiatan, Irsan Halim, mengatakan bahwa kegiatan workshop bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, arah dan teknis penyusunan LPPD bagi Tim penyusun LPPD, sehingga kedepan laporan LPPD Pemda Konsel jadi yang terbaik.

Adapun pemateri kegiatan yakni, Kasi Evaluasi Kinerja Harianto, dan Fungsional Analis Kinerja Pemerintah Daerah, Panji Utama dari Kantor Wilayah 2A Direktorat Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Daerah Ditjen Otda Kemendagri. (cr1)

Editor: Habiruddin Daeng

beras pokea

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.