Pemkab Konkep Rancang Potensi Pariwisata Biar Menghasilkan Pundi-pundi Rupiah

SULTRAKINI.COM: KONAWE KEPULAUAN – Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Sulawesi Tenggara, merancang pengembangan sektor kepariwisataan menjadi lebih profesional dan mandiri di setiap desa setempat.

Pengembangan pariwisata ini disebut desa wisata yang mengangkat potensi wisata dan keunikan setiap desa. Sebab selama ini, masyarakat desa kurang mandiri maupun dibimbing mengembangkan potensi tersebut.

“Kami sudah menurunkan tim yang mengontrol dan mengkaji di setiap desa, tetap menilai baik itu wisata kulinernya,” kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Konkep, Armin, Senin (25/6/2018).

Pihaknya juga masih menemukan kendala lain dalam pengelolaan pariwisata daerah. “Untuk pengembangan tempat wisata memang kita masih terhambat, sebab sumber anggaran kita hanya ada dua, APBN dan APBD sehingga kita belum bisa apa-apa sehingga retribusi untuk pemasukan daerah kita di sektor pariwisata belum ada. Selain itu juga kita masih menunggu perbupnya untuk penarikan retribusi,” ucap Armin.

 

Laporan: Aldi Dermawan
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.