Pemkot Kendari dan BPJS Tunaikan Sisa Kartu JKN-KIS pada PBI

SULTRAKINI.COM : KENDARI – Pemerintah Kota Kendari dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kendari, kembali melakukan penyerahan kartu peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) kepada peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD Kota kendari dari 5.893 menjadi 8.906.

Penyerahan secara simbolis dilakukan langsung Pelaksana tugas (Plt) Walikota Kendari, Sulkarnain Kadir dan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kendari Hendra J Rompas, kepada masyarakat yang berhak mendapatkannya, di ruang Pola Kantor Walikota Kendari, beberapa waktu lalu, Kamis (31/5/2018).

Plt Walikota Kendari, Sulkarnain mengatakan, penyaluran KIS-PBI memang diprioritaskan bagi masyarakat Kota Kendari yang kurang mampu dan akan terus melakukan pendataan bagi masyarakat yang berhak mendapatkannya.

“Kita utamakan dulu yang berpenghasilan rendah, kedepan kita akan terus perluas ini,” ungkap Sulkarnain.

Sementara itu, hal senada juga dikatakan, Kepala BPJS Cabang Kendari, Hendra J Rompas, bahwa KIS-PBI memang dikhususkan untuk masyarakat miskin dan kurang mampu.

“Sebelumnya PBI di Kota Kendari sekira 5.800 jiwa lebih. Nah, sekarang meningkat menjadi 8.000an jiwa,” jelasnya.

Dirinya berharap, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial Kota Kendari melakukan validasi data yang lebih akurat, sehingga bisa mengupdate masyarakat yang berhak menerima PBI Pemerintah Kota Kendari.

“Hari ini penyalurannya hanya simbolis, teknisnya nanti Dinas Kesehatan Kota Kendari yang akan membagikannya agar bisa diterima langsung oleh masyarakat yang seharusnya menerimanya,” ujar Hendra.

Hendra menambahkan, secara keseluruhan masyarakat Kota Kendari yang sudah menerima kartu kepesertaan JKN-KIS sudah mencapai 80 persen, termasuk PBI. Artinya, masih ada 20 persen lagi yang harus diusahakan agar tercover sebagai peserta program JKN-KIS.

Ia mengungkapkan, dari 9 Kabupaten yang menjadi wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Kendari, 4 Kabupaten diantaranya, hampir semua penduduknya sudah menjadi peserta JKN-KIS.

“Empat kabupaten ini yakni Bombana, Konawe Kepulauan, Kolaka, dan Konawe Utara. Jadi cakupannya sudah mencapai di atas 95 persen, hampir semua penduduknya tercover,” ujar Pria yang belum lama ini menjabat sebagai Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kendari itu.

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.