SUARA

Pendaftaran SBMPTN akan Berakhir, Ini Prodi Difavoritkan di USN Kolaka

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka tinggal beberapa hari lagi, tepatnya 24 Juni 2019. Selama prosesnya, terdapat beberapa program studi difavoritkan pendaftar. Berikut ulasannya.

Prodi favorit pendaftar SBMPTN 2019 di USN Kolaka pertama adalah Manajemen berjumlah 127 pendaftar sementara daya tampungnya 113 orang. Prodi Sistem Informasi tercatat 101 pendaftar dari daya tampung 168 orang. Berikutnya, Prodi Akuntansi 97 pendaftar, sementara daya tampungnya 75 orang.

Urutan keempat Prodi Farmasi berjumlah 93 pendaftar dari daya tampung 69 orang, Prodi Ilmu Komputer 90 pendaftar, sementara daya tampung 80 orang.

Wakil Rektor Bidang Akademik USN Kolaka, Ruslin Hadanu, mengatakan pendaftar bisa memanfaatkan peluang untuk mendaftarkan diri ke prodi yang belum banyak pendaftarnya. Sedangkan, pendaftar prodi yang penuh akan diseleksi otomatis berdasarkan nilai hasil Ujian Tulis Berbasik Komputer (UTBK).

yamaha

“Yang sudah full atau favorit itu, sudah bersaing antar-pendaftar, nantinya diseleksi secara otomatis berdasarkan nilai hasil UTBK-nya. Misal, nilai UTBK-nya tinggi di prodi A, di situ akan lolos,” terang Ruslin, Rabu (19/6/2019).

Hingga kini, terdapat empat prodi di USN Kolaka kekurangan pendaftar yang bisa dijadikan peluang di pendaftaran SBMPTN, yakni Prodi Pendidikan Jasmani baru tiga pendaftar dari daya tampung 119 orang; Pendidikan Fisika tujuh pendaftar dari daya tampung 90 orang; Prodi Kimia tujuh pendaftar dari daya tampung 88 orang, Ilmu Perikanan sepuluh pendaftar dari daya tampung 89 orang.

“Prodi yang daya tampungnya belum terpenuhi akan diambil dari mahasiswa yang lulus jalur mandiri, untuk jalur mandiri sendiri dilaksnakan pada 10 Juli 2019,” ucapnya.

USN Kolaka membuka pendaftaran mahasiswa baru dari tiga jalur, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan SMMPTN. Daya tampung penerimaan mahasiswa baru tahun ini berjumlah 3.790 mahasiswa yang akan mengisi enam fakultas dan 26 program studi.

Laporan: Zulfikar
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.