Polda Sultra Komitmen Membangun Zona Integritas WBK dan WBBM

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kesungguhan Polda Sulawesi Tenggara dalam membangun wilayah yang bersih di wujudkan dengan deklarasi pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), serta Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) Satker Polda Sultra.

Deklarasi dipimpin oleh Kapolda Sultra Irjen Pol Yan Sultra dan dihadiri Wakapolda Brigjen Pol Waris Agono, Kepala BNNP, Wakajati, PJU Polda Sultra, Ombudsman RI Perwakilan Sultra, Danrem, Danlanud, Danlanal, perwakilan instansi lingkup Provinsi Sultra, BUMN, tokoh agama, beserta mitra Polri lainnya.

Deklarasi ditandai dengan penanda tanganan komitmen oleh semua perwakilan yang hadir di Aula Dhacara Polda Sultra, Selasa (20/4/2021).

Kapolda Sultra, Irjen Pol Yan Sultra, mengatakan kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut Peraturan Menteri Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Lingkungan Instansi Pemerintah, yang meliputi enam area perubahan, yaitu penataan tata laksana, penataan manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan integritas, kinerja, dan kualitas pelayanan publik.

“Seseorang dinyatakan mempunyai integritas apabila tindakannya sesuai dengan nilai keyakinan dan prinsip yang dipegangnya,” ucapnya.

Membangun zona integritas menuju WBK dan WBBM, kata dia, bagian dari pertanggungjawaban sehingga semua jajaran harus mempunyai komitmen kuat.

“Ada dua sasaran ingin dicapai dalam zona integritas ini, yaitu terwujudnya pemerintahan bersih dan bebas dari KKN serta terwujudnya peningkatan kualitas pelayanan publik,” jelasnya/

Hingga saat ini terbentuk 21 Satker Polda dan lima satker Polres. Semuanya diminta untuk menyelenggarakan zona integritas.

“Untuk tahap pertama kita melakukan WBK dan peningkatan kualitas pelayanan publik, tapi jangan cuma di wilayah Polda saja, seluruh aspek, jangan sampai korupsinya di luar. Jangan di antara kita melakukan atau menodai dengan perilaku yang tidak terpuji,” tambahnya .

Hal ini juga dilaksanakan dalam implementasi 16 program Kapolri yang memerintahkan semua satker di lingkungan polri wajib membangun zona integritas. (C)

Laporan: Riswan
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.