Festival Pesona Budaya Tua Buton

Selamat Datang Anggota DPRD Butur di Lipu Tinadeakono Sara

Oleh: Darmawan Wiridin, S.H,.M.H (Dosen pada Fakultas Hukum Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau)

SAYA ingin mengawali tulisan ringan ini dengan ucapacan “Selamat atas terplilhnya putra-putri  Barata Kulisusu sebagai anggota DPRD Buton Utara Periode 2019-2023, semoga saudara-saudara mampu merealisakan janji-janji manisnya untuk masyarakat Butur yang tercinta. Aamiin.

Sebuah ungkapan bijak sering kita dengar “setiap masa ada orangnya dan setiap orang ada masanya”, bagi saudara-saudara yang telah berakhir masanya selamat datang kembali kepangkuan masyarakat. Anda telah berjuang untuk menuntaskan tugas negara dan amanah dari rakyat Butur, terlepas apakah memang anda bekerja sepunuh jiwa raga atau setengah jiwa saat menjadi anggota dewan, hanya anda dan Allah yang tau. Jelasanya anda telah usai masa karyanya untuk periode ini, dan kami juga merekam dengan jelas apa yang telah kerjakan untuk masyarakat.

Das sollen…

Kata ini adalah istilah dasar yang sangat penting  dalam ilmu hukum yang bermakna atau diartikan apa yang seharusnya terjadi atau segala sesuatu yang seharusnya terjadi, atau segala sesuatu yang diinginkan oleh banyak pihak atau publik.

Izinkan saya sekadar saling mengingatkan bahwa saudara sekarang telah terpilih sebagai wakil rakyat dan tentu saja anda hadir bukan dengan tangan kosong, akan tetapi hadir dengan membawa tugas dan amanah besar di pundak saudara.

Mungkin anda sudah tau dan mengerti apa sebenarnya yang menjadi tugas pokok saudara-saudara, namun mohon izin sekadar mengingatkan kembali bahwa Anggota DPRD menurut UU No 23 tahun 2014 diberikan beban tugas pokok atau fungsi pokok, sebagai berikut;

Pertama, saudara punya tugas membentuk Perda bersama pemerintah.

Kedua, fungsi anggaran memastikan bahwa anda berjuang untuk menggolkan rencana-rencana saudara untuk mensejahterakan konstituen anda berbasis program, dan anda juga memastikan bahwa anggaran yang direncakan oleh pemerintah adalah realistis dan tepat sasaran ut mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Ketiga, anda juga mempunyai tugas pengawasan, pastikan anda benar-benar mengontrol dan mengawasi jalanya pemerintah telah berjalan sesuai dengan amanat undang-undang dan visi-misi pemerintah daerah/bupati.

Untuk lebih jelasnya silahkan saudara buka undang-undangnya dan saya sarankan dibaca berulang-ulang tugas dan fungsi saudara sehingga anda bisa menghayati lebih mendalam. Jadi tugas dan fungsi ini adalah telah digariskan dalam suatu system hukum yang namanya undang-undang dan sudah begitu adanya serta memang seharusya demikian sehingga cita-cita ideal ini sauadara harus memastikan anda bekerja dengan tugas dan fungsi yang sebenarnya yakni menurut UU, bukan menurut maunya anda atau maunya Bupati, atau maunya tim sukses dan tim lainya.

Das sein…

Das sein adalah segala sesuatu yang menjadi pelaksanaan dari Das solen, baik yang sesuai dengan das solen maupun yg bertentangan. Das sein adalah dunia kenyataan yang sebenarnya.

Das solen/seharusnya anda terplih adalah karena kapasitas anda dan dedikasi anda sebagai putra atau putri daerah yang memilki narasi besar untuk berjuang menghadirkan yang namanya kesejahrtaan masyarakat. Anda juga seharusnya terplilih bukan karena many politik tapi karena kerja sosial anda bersama tim anda sehingga masyarakat memilih anda karena memang anda layak.

Seharusnya juga anda terpilih bukan karena tekanan dari penguasa sehingga para pegawai mau tidak mau suka tidak suka akhirnya harus memilih saudara, dan akhirnya kami masyarakat, alam bawah sadar masyarakat sebagian ada menyimpulkan, bahwa apakah benar Aleg-aleg yang terplih sekarang karena kapatitas atau isi tas, benar atau tidak, tak usah dijawab, kita renungkan bersama-sama saja.

Lalu Harapan Kami saudaraku…

Dulu sewaktu di SMA saya selalu teringat nasihat guru kita bapak “ Sukrening”, salah satu guru matematika di SMA 1 Negeri Kulisusu yang bersahaja dan sangat menyenangkan, setiap apel pagi, beliau selalu manasihatkan kepada kami, “Agar tinggalkanlah sekolah ini dengan kenangan yang indah-indah, cerita yang indah-indah dan sampai sekarang nasihat ini selalu saya pegang teguh dimanapun saya bertugas. Saya juga percaya anda yang sekarang terpilih sebagian besar mungkin pernah diajar oleh beliau dan semoga anda masih ingat nasihat indah beliau itu.

Maka buatlah perencanaan-perencanaan yang progresif tahun pertama, kedua dan ketiga serta kelima, ingat konsep das solen apa yang seharusnya menjadi tugas dan tanggungjawab saudara. Ada tiga tugas pokok utama saudara jika itu dijalankan dengan baik, maka anda akan selalu berada dijalur aman.

Namun demikian apa yang ada dalam cita-cita kita tidak selalu seperti apa yang kita bayangkan, maka jaga hubungan baik dengan konstituen. Jangan kecewakan mereka, layani mereka sebaik  mungkin karena mereka adalah pemegang kedaulatan. Satu kali anda kecewakan akibatnya lima tahun kedepan anda akan tinggal cerita.

Berdirilah tegak lurus menjadi penyambung lidah rakyat, menjadi kaki dan tangan rakyat, lantangkan suaramu untuk selalu menyuarakan kebenaran, pastikan kepentingan rakyatmu selalu dikedepankan. Tentu di depan saudara akan banyak kerikil-kerikil yang akan dilalui, jebakan kekuasaan, iming-iming kepentinagn proyek dan sejenisnya akan mejadi hari-hari yang akan saudara lalui. Anda tinggal pilih mau jalan bersama rakyat atau mau menjadi pecundang. Jika memilih pecundang maka anda akan tinggal kenangan cerita suram, namun jika anda mengambil jalan bersama rakyat anda akan selalu dikenang dan meninggalkan untuk daerah kita yang tercinta dengan cerita dan kenangan yang indah-indah.

Selamat berjuang saudara…, Selamat mewujudkan mimpi besar saudara, terciptanya masyarakat Butur yang sejahtera Lipu Tinadeako Sara. 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.