BPTD Sultra Peduli Warga dan Jurnalis Terdampak Covid-19 dan PPKM di Kendari

  • Bagikan
Kepala BPTD Sultra Benny Nurdin Yusuf (kaos hitam) saat menyerahkan paket sembako pada satu petugas kebersihan, (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)
Kepala BPTD Sultra Benny Nurdin Yusuf (kaos hitam) saat menyerahkan paket sembako pada satu petugas kebersihan, (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Ditengah situasi pandemi Covid-19 yang hingga kini belum berakhir dan penetapan PPKM skala mikro, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVIII Provinsi Sulawesi Tenggara membagi-bagikan paket sembako ke masyarakat dan jurnalis di Kota Kendari, Jumat (13/8/2021).

Aksi bagi-bagi paket sembako ke masyarakat yang dilakukan oleh pegawai dan pengurus Dharma Wanita BPTD wilayah Sultra ini agak sedikit berbeda dengan biasanya, yakni sambil bersepeda. Hal ini untuk menghindari terjadinya kerumunan dan bantuan tepat sasaran.

Sasaran pembagian paket sembako ke masyarakat diantaranya petugas kebersihan, pemulung, tukang becak, pengguna jalan umum, hingga tukang ojek online, yang ditemukan saat bersepeda.

Kepala BPTD Wilayah Sultra, Benny Nurdin Yusuf bersama Ketua Dharma Wanita Jane Riatri memimpin langsung acara pembagian paket sembako ini ke masyarakat. Sementara bantuan untuk perwakilan beberapa jurnalis di Kota Kendari diserahkan langsung di Kantor BPTD, Kelurahan Benubenua, Kendari.

Kepala BPTD Sultra saat menyalurkan bantuan pada salah satu jurnalis di Kota Kendari, (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

Benny Nurdin mengatakan, pembagian paket sembako ini merupakan perintah langsung dari Kementerian Perhubungan kepada seluruh jajarannya mulai dari pusat hingga di daerah termasuk BPTD Sultra, untuk ikut berpartisipasi dan bertanggung jawab terhadap penanganan pandemi dan PPKM saat ini.

Baca:   Nyaris Bentrok, Massa Protes Kebijakan Setahun Pemerintahan Gubernur

“Disektor transportasi dengan adanya Covid-19 dan PPKM ini tentu ada pembatasan-pembatasan dalam transportasi maupun perjalanan, sehingga Kementerian Perhubungan melalui BPTD ikut memikirkan dampak dari pemberlakuan kebijakan pemerintah itu, melalui pemberian bantuan,” ujarnya usai penyaluran paket sembako, Jumat (13/8/2021).

Menurut dia, pandemi Covid-19 saat ini sangat berdampak hampir kepada seluruh masyarakat termasuk jurnalis di Indonesia dan Kota Kendari khususnya sebagai mitra pemerintah. Melihat kondisi ini, BPTD Wilayah XVIII Sultra bersama Ibu Dharmawanita BPTD Sultra langsung bergerak memberikan bantuan ke masyarakat.

Adapun sumber dana penyaluran paket sembako ini merupakan donasi dan partisipasi dari seluruh pegawai dan pengurus Dharma Wanita serta beberapa dari mitra kerja BPTD Sultra.

“Kalau kata orang bijak, dibalik  pemimpin yang hebat ada wanita yang kuat dibelakangnya. Dharmawanita ini pula yang menyokong seluruh aktifitas kami. Bahkan hari ini kami bersama ikut menggalang sumbangan yang kemudian kita bagikan ke masyarakat dengan menggunakan sepeda,” kata Benny.

Dia juga menyampaikan meski secara totalitas BPTD belum mampu secara menyeluruh memberikan sumbangsi kepada masyarakat tapi sedikitnya sudah turut berpartisipasi dalam penanganan dampak Covid-19. Pasalnya, menurut dia semua pihak harus ikut terlibat dalam penganannya.

“Sebab disini kami baru membagikan 154 paket. Tetapi ini bakal berlanjut lagi pada hari kemerdekaan nanti dan pada saat hari perhubungan September mendatang,” jelas Benny.

Baca:   Update Corona Sultra 11 Mei: Buteng OTG Terbanyak Disusul Kota Baubau

Dia pun membeberkan, pihaknya telah berkeliling mengunakan sepeda dibeberapa ruas jalan yang memang telah identifikasi sebelumnya. Dimana lokasi itu memang banyak saudara-saudara atau masyarakat yang membutuhkan contohnya pemulung, ojek online, tukang becak, dan penyapu jalan.

“Jadi bukan saja kepada mereka yang membutuhkan di jalan. Namun kepada masyarakat lainya yang terkena dampak pandemi pun diberikan, seperti beberapa rekan-rekan jurnalis. Sebatas yang kita miliki itulah yang kita berikan. Mungkin ini nilainya tidak seberapa tetapi ini sebagai salah stau bentuk kepedulian kita meringankan beban masyarakat,” bebernya.

Laporan: Hasrul Tamrin

  • Bagikan