Gempa Berkekuatan 3.3 SR Guncang Wilayah Konkep

  • Bagikan
Pusat gempa berada di darat 52 Km Tenggara Kendari (Foto: Ist)
Pusat gempa berada di darat 52 Km Tenggara Kendari (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari melaporkan bahwa telah terjadi gempabumi tektonik berkekuatan 3,3 Skala Richer (SR) yang ikut dirasakan di bagian wilayah Kabupaten Konawe Kepulauan, Sulawesi Tenggara, sekitar pukul 08:45:38 Wita, pada Sabtu 6 Juni 2020.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia, mengatakan gempabumi tersebut berada pada lokasi titik koordinat : 4.05 Lintang Selatan (LS), 123.08 Bujur Timur (BT), dengan kedalaman 10 Kilo Meter (Km), dengan jarak 52,2 Km dari darat Tenggara Kota Kendari, Sultra.

“Gempa ini dirasakan di bagian wilayah Konawe Kepulauan, Sultra, tidak berpotensi tsunami,” ungkap Rosa melalui keterangan resminya, beberapa jam pasca gempa.

Kata Rosa, hasil analisis BMKG jenis dan mekanisme gempabumi
ini dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal di wilayah Konawe Kepulauan.

“Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Konawe Kepulauan II MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Gempabumi susulan hingga pukul 10.00 Wita, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan,” kata Rosa.

Baca:   Tiga Pasangan Kepala Daerah di Sultra akan Dilantik 26 Februari 2021

Namun BMKG mengimbau dan merekomendasi kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi atau informasi resmi yang telah terverifikasi,” pungkasnya. (C)

Laporan: Hasrul Tamrin

  • Bagikan