Kolaka Utara Kembali Diguncang Gempa

  • Bagikan
Pantauan gempa Kolaka Utara oleh BMKG. (Foto: BMKG)
Pantauan gempa Kolaka Utara oleh BMKG. (Foto: BMKG)

SULTRAKINI.COM: Kabupaten Kolaka Utara kembali diguncang gempa, Rabu (16/1/2019) pukul 06:30:89 Wita. Gempa tektonik bermagnitudo 3 itu, terletak di sebelah barat laut Kolaka Utara.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memantau, gempa terletak pada koordinat 2,93 LS-121,06 BT, tepatnya berada di laut jarak 63,1 km arah barat laut Lasusua. Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara pad kedalaman 10 km.

“Episenter gempabumi susulan pada jam 10:39:24.7 Wita berlokasi di laut pada jarak 49,4 km arah barat laut Lasusua, Kolaka Utara pada kedalaman 10 km dengan kekuatan M (magnitudo) 3,5,” jelas Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia, S.Si dalam keterangan tertulisnya, Rabu (16/1).

Mengacu pada kedua episenter dan kedalamannya, gempa dikategorikan dangkal akibat aktivitas Sesar Lawanopo.

Analisis BMKG menunjukkan, gempa di wilayah laut di sebelah barat laut Kolaka Utara itu dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar mendatar dengan arah pergerakan mengiri.

“Guncangan gempabumi pertama ini dilaporkan dirasakan di daerah Tolala, Kolaka Utara. Hingga kini belum ada laporan dampak kerusakan akibat gempa. Hasil permodelan menunjukkan gempa tidak berpotensi tsunami,” lanjut Rosa.

Hingga pukul 14.30 Wita, monitoring BMKG belum menunjukkan adanya gempa susulan.

Baca:   BMKG Prediksi Musim Kemarau di Sultra sampai Oktober 2018

“Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujarnya.

(Baca juga: Kolaka Utara Diguncang Gempa Bermagnitudo 3,8)

Editor: Sarini Ido

  • Bagikan