Penyuluhan Covid-19 Masuk Program TMMD di Koltim, Tangkal Kabar Hoaks, 3M Dibudayakan

  • Bagikan
Penyuluhan Covid-19 TMMD ke-111 di Kecamatan Aere, Koltim. (Foto: Dok.Kodim 1412 Kolaka)

SULTRAKINI.COM: Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kecamatan Aere, Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara memasukkan materi pencegahan penularan Covid-19 sebagai item penyuluhan program nonfisik untuk masyarakat.

Penyuluhan Covid-19 tidak terlepas dari program pemerintah, utamanya budaya 3M atau mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak sebagai upaya pencegahan penularan virus. Termasuk di dalamnya kesadaran vaksinasi.

Dandim 1412 Kolaka, Letkol Inf Risa WP.Setyawan, menerangkan dalam penyuluhan Covid-19, masyarakat akan diberikan gambaran perkembangan Covid-19 melalui studi-sudi kasus yang ditemukan di lapangan. Salah satu tujuannya agar masyarakat mendapatkan informasi yang akurat tentang perkembangan covid, sehingga terhindar dari kabar hoaks.

Di satu sisi, mengajak masyarakat untuk memulai kebiasaan baru atau new normal, serta vaksinasi sebagai langkah pencegahan Covid-19.

Agenda penyuluhan ini, kata Dandim, penting dimasukkan dalam TMMD agar informasi yang disampaikan bisa ikut disebarluaskan masyarakat di Kecamatan Aere.

“Akan kita berikan gambaran kepada masyarakat bahwa hal-hal yang mereka lihat di media sosial (kabar covid) tidak selamanya benar, bahkan sebagian besar itu hanya pendapat pribadi. Itulah terkadang masyarakat khususnya di perdesaan yang sudah menjangkau internet tapi sulit melakukan konfirmasi,” jelasnya, Jumat (18/6/2021).

Untuk budaya 3M, masyarakat sudah dikenalkan sejak mereka memasuki tempat penyuluhan yang melibatkan petugas UPTD Puskesmas Aere tersebut. Nampak masyarakat maupun petugas mengenakan masker dan menyediakan antiseptik.

Baca:   Pemda Kolut Promosikan Produk Inovasi Selama Expo Sultra

Program vaksinasi Covid-19 juga digelar dalam penyuluhan itu melalui kerja sama dengan Pemda Koltim.

Dandim memastikan tidak hanya penyuluhan Covid-19 protokol kesehatan diterapkan, melainkan semua pelaksanaan program nonfisik TMMD ke-111.

“Kita akan pastikan protokol kesehatan tetap dilaksanakan, kita siapkan tempat mencuci tangan, hand sanitizer, masker bagi mereka yang mungkin lupa membawa masker sebelum mereka memasuki ruang atau tempat-tempat penyuluhan.

TMMD ke-111 memasukan tiga item pokok program fisik dan sepuluh program nonfisik untuk dituntaskan selama sebulan sebagaimana target program tersebut.

Laporan: Sarini Ido
Editor: Hasrul
Tamrin

  • Bagikan