Polda Sultra Seleksi 16 Tim Peserta Lomba Orasi Unjuk Rasa untuk Diutus Ke Mabes Polri

  • Bagikan
Pose bersama saat pembukaan lomba orasi di Mapolda Sultra. (Foto: Riswan/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Memperingati Hari Hak Asasi Manusia sedunia 2021, Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar lomba Orasi Unjuk Rasa 2021. Pemenang dalam lomba ini akan diutus ke Mabes untuk memperebutkan Piala Kapolri.

Lomba Orasi Ilmiah itu dibuka secara resmi oleh Wakapolda Sulawesi Tenggara, Brigjen Pol. Drs. Waris Agono, M.Si. yang dihadiri beberapa PJU dan para peserta lomba di Aula Mapolda Sultra, Sabtu (4/12/2021).

Waris Agono mengatakan lomba Orasi Unjuk Rasa sengaja dilakukan demi menunjukan bahwa Polri maupun negara tidak anti kritik, bahkan para orator akan dibina agar kedepan menjadi orator yang baik dan handal.

“Untuk menjadi orator yang baik harus menyiapkan data-data sebelumnya, dengan kalimat yang santun, agar Indonesia kedepan dikenal dengan negara yang santun tanpa membatasi menyapaikan fakta. Jadi jangan takut untuk menyampaikan pendapat yang benar,” kata Waris Agono, Sabtu (4/12/21).

Lomba Orasi ini diikuti beberapa mahasiswa dan Ormas untuk berkompetisi. Peserta yang menjadi jawara pada lomba ini nantinya akan menjadi perwakilan Polda Sultra di Mabes Polri untuk mengikuti lomba ditingkat nasional memperebutkan piala Kapolri.

Kabid Humas Polda Sultra, Kombes Pol Ferry Walintukan mengungkapkan Polda Sultra sangat menghormati hak masyarakat dalam menyampaikan pendapat dimuka umum. Lomba orasi tersebut adalah bukti dukungan dari Korps Bhayangkara.

Baca:   Dugaan Korupsi Percetakan Sawah Fiktif, Wakil Ketua DPRD Muna Resmi Ditahan

“Kegiatan ini sebagai bentuk sikap Polri mendukung penyampaian pendapat dimuka umum, dan bebas diikuti siapapun,” ucap Ferry Walintukan.

Kegiatan ini digelar serentak di seluruh Polda termasuk Polda Sultra, Lomba Orasi Unjuk Rasa ini merupakan lomba yang digagas oleh Bapak Kapolri.

“Di Polda sendiri peserta ada 16 tim dengan jumlah 102 orang, ini akan diseleksi dengan penilaian dewan juri kemudian nanti akan dipilih untuk diutus ke Mabes memperebutkan piala Kapolri,” ujarnya.

Pada lomba ini, panitia menyiapkan tema khusus yakni memperingati Hari HAM, namun peserta bebas memilih sub tema yang untuk menjadi materi dalam berorasi. (C)

Laporan: Riswan
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan