Satlantas Konawe Gelar Operasi Patuh Anoa 2021, Banyak Pengendara Putar Haluan

  • Bagikan
AKP Sri Endang memberikan edukasi kepada pengendara yang melanggar lali lintas dan Prokes pada Operasi Patuh Anoa 2021, Rabu (22/9/2021) malam. (Foto: Andi Nur Aris.S. SULTRAKINI.COM)
AKP Sri Endang memberikan edukasi kepada pengendara yang melanggar lali lintas dan Prokes pada Operasi Patuh Anoa 2021, Rabu (22/9/2021) malam. (Foto: Andi Nur Aris.S. SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Konawe menggelar Operasi Patuh Anoa 2021 pada malam hari bertempat di Bundaran Adipura, Kecamatan Unaaha, Kabupaten Konawe, sekitar pukul 20.00 Wita, Rabu (22/09/2021) atau malam.

Dari pantauan SultraKini.com, dalam kegiatan Operasi Patuh Anoa 2021 itu, terlihat beberapa pengendara roda dua maupun roda empat yang melanggar, terpaksa hari putar haluan atau berbalik arah untuk menghindari operasi tersebut.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Konawe, AKP Sri Endang Fajar Ningsih, S.I.K menuturkan, kegiatan Operasi Patuh Anoa 2021 ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas diwilayah hukum Polres Konawe serta memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menjaga protokol kesehatan

“Sasaran operasinya itu protokol kesehatan dan pengendara yang tidak sesuai standar terutama kendaraan berknalpot bogar,” kata AKP Sri Endang, saat ditemui awak media.

Ia juga menambahkan, dalam operasi kali ini, terdapat berbagai macam pelanggaran yang didapat dari para pengendara baik roda dua maupun roda empat, seperti pengendara yang tidak menggunakan masker serta pengendara tidak memenuhi standar berkendaraan. Sehingga diberikan penindakan berupa tilang.

“Kami juga membagikan masker kepada pengendara, serta memberikan edukasi betapa pentingnya menjaga prokes di masa pendemi saat ini,” ucapnya

Baca:   Knalpot Bogar Ganggu Kenyamanan Warga, Satlantas Polres Konawe Rutin Razia

Sementara itu, untuk agenda kegiatan Operasi Patuh Anoa 2021 ini, AKP Sri Endang menjelaskan akan digelar setiap hari, baik siang maupun malam hari sesuai tingkat kerawanan bagi pengendara lalu lintas.

“Kegiatannya berubah-rubah sesuai tingkat kerawanannya, kalau kita nilai malam diperlukan maka kita lakukan, begitu juga pagi hari,” ujar AKP Sri Endang.

ibu alimazi

Dia berpesan, agar budaya tertib berlalu lintas harus ditanamkan dalam diri setiap pengendara, bukan semata-mata karena adanya pihak kepolisian yang akan menindak para pelanggar aturan lalu lintas serta pentingnya menaati Prokes yang ketat demi kepentingan bersama di masa pandemic saat ini.

Ditempat yang sama, Kanit Gakum Sat Lantas Polres Konawe, Ipda Enos Kadang S.H mengatakan, dalam kegiatan operasi Patuh Anoa ini tindakan penindakan yang dambil itu secara humanis, memberikan masker kepada masyarakat yang tidak mengunakan, dan memberikan himbauan mematuhi protokol kesehatan berupa sticker.

“Ada sekitar 20 pengendara motor dan 10 mobil kami tahan, ini tidak memakai masker dan kami berikan masker, serta 3 pengendara motor yang kami tindaki yang dapat menimbulkan kecelakaan lalulintas,” ungkapnya.

Lanjut Kanit Gakum Enos, untuk personil yang bertugas dalam operasi Patuh Anoa tersebut terdiri dari Satlantas Polres Konawe, fungsi Bimas, intel, dan propos.

Baca:   Operasi Giat Rutin Polres Kolaka Amankan 30 Barang Bukti Pelanggaran

” Ada sekitar 25 orang personil gabungan yang melakukan operasi malam ini,” pungkasnya.

Sementara itu, sala satu pengendara yang terjaring razia operasi Patuh Anoa tersebut, mengatakan, dirinya tidak mengetahui jika ada kegiatan operasi itu, sehingga lupa mematuhi prokes dan melengkapi surat kendaraannya.

“Saya tidak tau kalau ada razia disini,” katanya, saat dikonfirmasi Kasatlantas konawe.

Diketahui, dalam kegiatan operasi Patuh Anoa tersebut, banyak masyarakat berkumpul untuk menonton para pengendara yang melanggar serta masih adanya pengendara yang berani memutar arah serta tidak mematuhi instruksi dari petugas saat hendak di razia. (B)

Laporan: Andi Nur Aris.S.
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan