UHO Kerja Sama dengan Komisi Kejaksaan RI

  • Bagikan
Kerja sama UHO dengan Komisi Kejaksaan RI. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Universitas Halu Oleo (UHO) resmi bekerja sama dengan Komisi Kejaksaan RI, Jumat (8/10/2021). Penandatanganan kedua pihak berlangsung di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Kerja sama UHO dengan Komisi Kejaksaan sebagai implementasi program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Di satu sisi, mahasiswa Fakultas Hukum UHO bisa magang di Kantor Komisi Kejaksaan RI.

“Misalnya selama tiga bulan atau enam bulan dan dari sana kita akan konversi ke SKS. Kalau satu semester mereka di sana tidak mengurangi masa studi mereka,” ucap Rektor UHO, Muhammad Zamrun Firihu.

Pihak UHO juga kerja sama dengan Kejati Sultra, namun teken dengan Kejaksaan merupakan bentuk pengawasannya di lapangan.

Ketua Komisi Kejaksaan RI, Barita Simanjuntak, mengaku kerja sama tersebut sebagai tindak lanjut lintas universitas karena di UHO terdapat fakultas yang tidak spesifik mempelajari ilmu hukum.

“Siapa tahu ada yang kita butuhkan dalam rangka tugas pengawasan dan memberikan masukan-masukan lintas fakultas, maka itu akan terpayungi dengan MoU,” terangnya.

Selain MoU tingkat universitas, Komisi Kejaksaan RI bekerja sama dengan Fakultas Hukum UHO dalam hal penanganan pengaduan maupun keperluan penelitian dan magang.

“Kalau kita meminta masukkan tentang pengaduan masyarakat akan bisa dilakukan Fakultas Hukum serta menjelaskan apa kebijakan hukum yang dilakukan. Lalu, keperluan mahasiswa data penelitian dan pemagangan, ini akan difasilitasi dengan perjanjian kerja sama itu,” tambah Barita Simanjuntak. (B)

Baca:   UHO Terima Mahasiswa Palu, Kuliah Tapi Tidak Final

Laporan: Al Iksan
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan