Jalur Rate-Rate-Ladongi di Koltim akan Diaspel, sudah Disurvei

  • Bagikan
Pengecekan lokasi pengaspalan di Kecamatan Ladongi, Koltim. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KOLAKA TIMUR – Jalur Rate-rate-Ladongi di Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara akhirnya akan diaspal. Sudah lama jalur ini mengalami kerusakan parah dan mengganggu aktivitas warga, terlebih saat musim hujan.

Langkah awal perbaikan jalur Rate-rate-Ladongi dilakukan dengan survei lokasi oleh Korlap Bina Marga Provinsi Sultra, Waode Nursida Barani bersama Anggota DPRD Sultra dan Anggota DPRD Koltim, Minggu (28/8/2021). Selain ruas jalan, rombongan turut mengecek decker dan pepohonan di sekitar jalan yang mengganggu aktivitas pengerjaan nantinya.

Jalur Rate-rate-Ladongi sudah lama rusak dan sering terjadi genangan air di kala hujan hingga mengganggu pengguna jalan. Masalah lain juga disebabkan tidak adanya drainase di sisi jalanan tersebut. Padahal jalur di Kecamatan Ladongi ini padat penduduk dan akses menuju RSUD Koltim.

Waode Nursida mengaku, survei itu merupakan langkah awal pengerjaan pengaspalan di jalur tersebut untuk menyesuaikan volume kontrak dengan sejumlah item kontrak.

“Kalau ada yang berubah kita buatkan perubahan di (anggaran) perubahan. Anggarannya Rp 10,2 miliar. Terkait volume ini akan berubah dari desain karena ada beberapa item tidak memungkinkan dan pasti ada perubahan dari desain, nanti dihitung dulu berdasarkan yang disurvei di lapangan,” jelasnya.

Pengecekan lokasi dimulai dari jalur SPBU Rate-rate menuju Desa Lamoare.

Sejauh 6.385 meter jalur ini akan diperbaiki oleh pihak balai dengan menggunakan APBN. Aspal yang digunakan adalah jenis aspal butir.

Sementara pengaspalan sepanjang 5.400 meter dari Desa Lamoare menuju Kelurahan Ladongi akan dikerjakan oleh CV Tiga Putra Prima dengan sumber anggaran dari APBD Provinsi Sultra.

Target pengaspalan jalur Rate-rate-Ladongi diapresiasi Bupati Koltim, Andi Merya Nur. Jalur ini, kata dia, masuk dalam prioritas Gubernur Sultra karena direncanakan Presiden RI, Joko Widodo bersama Menteri PUPR akan ke Kecamatan Ladongi guna peresmian bendungan pada September mendatang.

“Mereka melakukan survei artinya tahap pengaspalan dimulai, penantian masyarakat Koltim khususnya warga Ladongi terjawab. Jalan Rate-rate ke Ladongi merupakan aspirasi Wakil Gubernur Lukman Abunawas dan Ketua DPRD Provinsi Abdurrahman Shaleh,” ujar Merya. (B)

Laporan: Hasrianty
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan