80 Engineer Kibarkan Merah Putih 73 Meter di Puncak Padamarang

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 tahun 2018 dilaksanakan berbagai cara oleh warga Sulawesi Tenggara. Di Kabupaten Kolaka, sekitar 80 orang engineer (teknisi) berasal dari berbagai latar belakang keilmuan, akan mengibarkan sang saka Merah Putih di Puncak Pulau Padamarang pada 17 Agustus 2018.

Selain pengibaran bendera, para engineer juga akan membentangkan kain merah putih yang dipesan khusus sepanjang 73 meter sesuai usia kemerdekaan Indonesia, di atas puncak pulau. Akan dibentangkan sebagai wujud kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kegiatan ini diselenggarakan dengan tema “Karya Engineer dengan Semangat Kemerdekaan dalam Pengembangan Potensi Wisata Pulau Padamarang”.

Steering Committee kegiatan, Budiman yang akrab dengan sapaan Ugi, menjelaskan, peserta adalah alumni dan mahasiswa aktif Fakultas Teknik dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, yang merupakan warga Kabupaten Kolaka. Peserta tak hanya mengibarkan bendera, berbagai kegiatan rangkaiannya dilaksanakan di Pulau Padamarang.

“Kegiatan upacara peringatan detik-detik proklamasi, kita rangkaikan dengan bakti sosial, pengembangan potensi pariwisata Pulau Padamarang, termasuk membentangkan merah putih 73 meter di puncak,” terang Ugi.

Ketua panitia, Ahmad Amiruddin, mengatakan, meski sederhana kegiatan ini dibuat asyik bagi peserta. Menurutnya, memperingati Hari Kemerdekaan tidak mesti dalam acara resmi, berbagai bentuk ekspresi dapat diwujudkan. Yang terpenting, kata dia, substansi dari mengisi kemerdekaan itu sendiri.

“Kita bisa sambil refreshing, mengisi hari kemerdekaan dengan cara kita masing-masing. Makanya kita akan tetap laksanakan upacara bendera dengan hikmad di puncak nanti,” ucap alumni FT Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka yang akrab dengan sapaan Mimir ini saat akan menyeberang ke Pulau Padamarang, Kamis (16/8/2018).

Pulau Padamarang merupakan salah satu pulau besar di kawasan Teluk Bone, yang terletak persis di depan garis pantai Kabupaten Kolaka. Pulau ini menyimpan berbagai potensi, baik di darat maupun di sekeliling lautnya. Terumbu karang di kawasan pulau ini disebut sangat indah dan komplit. Sementara di darat, pemandangan alam terbentang indah mempesona. Pemerintah setempat menetapkan sebagai kawasan cagar alam untuk pariwisata.

Laporan : Zulfikar

Editor : Gugus Suryaman

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.