Atasi Banjir, Pemkot Kendari Normalisasi Sungai

SULTRAKINI.COM : KENDARI – Pemerintah Kota Kendari saat ini fokus menghadapi masalah banjir yang melanda beberapa wilayah. Salah satunya adalah bantaran sungai Wanggu yang selalu menjadi langganan banjir.

Debit air yang meningkat karena curah hujan ditambah daya tampung sungai dan alirannya yang tak sepadan, menjadi penyebab banjir di pemukiman bantaran sungai Wangggu.

“Upaya yang sedang kita lakukan adalah menormalisasi sungai dengan meninggikan tanggul. Hal ini sementara berjalan, hanya saja ini terkendala cuaca yang tidak mendukung. Jalur tanggul yang kita normalisasi ini jaraknya mencapai 6,5 kilometer,” ujar Plt Walikota Kendari, Zulkarnain, kepada SultraKini.com ditemui di lokasi banjir, Rabu (27 Juni 2018).

Zulkarnain menambahkan, pihaknya masih melakukan upaya persuasif kepada warga setempat, agar dapat pindah mencari tempat yang lebih aman.

“Himbauan ini sebenarnya sudah lama kami sampaikan, agar pindah, karena di sekitar sungai ini sudah rawan banjir. Tetapi warga punya alasan tersendiri untuk bertahan, sehingga kami dari pemerintah tidak bisa memaksa kemauan warga,” pungkasnya.

Laporan: Wayan Sukanta

 

2 Komen
  1. Ar sattuang berkata

    Solusi kali wanggu
    1.tinggikan talud.2 lebarkan kali 2 kali lipat dari yg ada sekarang.3 pemukiman warga diratakan dan naikkan,karena mereka tak mau direlokasi.4 garis sempadan kali ditertibkan.5 pemkot kendari koordinasi dgn pemerintah terkait (konsel).

  2. Ar sattuang berkata

    Solusi banjir kali wanggu1.tinggikan talud.2 lebarkan kali 3.relokasi warga.4 tertibkan garis sempadan kali dan. 5 pemkot kendari koordinasi dgn pemda konsel terkait das

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.