SUARA

Bawaslu Konsel Buka Penjaringan Anggota Panwascam

SULTRAKINI.COM: KONAWE SELATAN – Badan Pengawasan Pemilihan Umum Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Provinsi Sulawesi Tenggara bakal membuka penjaringan anggota panitia pengawasan di setiap kecamatan.

Ketua Bawaslu Konsel, Hasni, menerangkan rekrutmen panwascam sudah diawali dengan sosialisasi kepada masyarakat di Kabupaten Konsel pada 6-12 November 2019.

“Untuk jadwal pendaftaran sendiri dimulai 27 November hingga 3 Desember 2019,” ujar Hasni, Kamis (14/11/2019).

Persyaratan rekrutmen panwascam tersebut diharuskan melengkapi berkas, berupa foto kopi KTP, pas foto berwarna terbaru ukuran 4X6 sebanyak lima lembar berlatarbelakang merah, foto kopi ijazah terakhir, daftar riwayat hidup, surat keterangan sehat jasmani, surat keterangan bebas narkotika, surat pernyataan setia kepada undang-undang, dan mengisi formulir pendaftaran.

“Setelah mendaftar, pihak kami melakukan penilaian berkas dulu secara administrasi sejak 27 Desember sampai 4 Desember dan diberi perpanjangan waktu sampai tanggal 5 Desember nanti untuk finish-nya panwascam akan dilantik pada 23 Desember,” jelasnya.

yamaha

Menurutnya, seleksi penerimaan panwascam kali ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Bawaslu Konsel sendiri akan membuka pendaftaran dan pengisi berkas secara online.

“Tahun ini perbedaanya adalah tesnya, kita menggunakan sistem CAT (Computer Based Test) jadi bukan lagi tertulis atau manual, sehingga semua soalnya langsung dari Bawaslu RI,” tambahnya.

Hasnia tak ingin menyebutkan terkait honorarium bagi anggota panwascam yang akan diterima.

Ia berharap, rekrutmen tersebut terlaksana lancar dan menghasilkan anggota panwascam berintegritas dan kredibel.

“Kami tidak inginkan ada pengawas pemilu yang hanya menginginkan uangnya saja karena yang kita tuntut adalah kinerja. Kalau dia bekerja dengan baik, berarti akan berimbas juga dihonornya, tapi alhamdulilah honor untuk tahun ini agak lumayan naik lah,” ucapnya.

Laporan: Cr1
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.