BPKP Sultra Kembali Kunjungi OJK Sultra, Belajar Inovasi Kehumasan

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Provinsi Sulawesi Tenggara (BPKP Sultra), melakukan kunjungan ke Kantor Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Sulawesi Tenggara (OJK Sultra). Kunjungan ini merupakan kali kedua setelah sebelumnya melakukan kunjungan untuk mempelajari mekanisme dan inovasi pelayanan masyarakat.

Kali ini, BPKP Sultra yang diwakili oleh Marga Gumelar selaku Kepala Subbagian Keuangan beserta dua orang staf yang menangani kehumasan mempelajari inovasi kehumasan di OJK Sultra, yaitu Triumph Strategy (TRUST).

TRUST merupakan metode optimalisasi peran kehumasan dalam area akselerasi dalam siklus kredibilitas. Siklus kredibilitas terdapat lima segmen, yaitu kinerja, reputasi, posisi tawar, dampak/nilai tambah, hingga kredibilitas. 

TRUST menggunakan pendekatan ekosistem media dengan kontes “simbiosis mutualisme” baik secara kuantitas, kualitas, hingga kesinambungan. Komunitas, fasilitasi, BIJAK, apresiasi, negosiasi, hingga sinergi/kolaborasi adalah perangkat dalam mewujudkan TRUST yang telah pada level TRUST 3.0.

Marga Gumelar dikesempatan tersebut mengucapkan terimakasih kepada OJK Sultra atas ketersediaanya untuk transfer of knowledge terkait kehumasan.

“Luar biasa, apalagi saat melihat outcome atau dampak setelah penerapan TRUST, salah satunya, pertumbuhan aktivitas dan jangkauan dari tahun ke tahun peran Humas, bahkan di tahun 2020 masing-masing sebesar 209,94 persen dan 262,77 persen,” kata Marga, Selasa (4/5/2021).

Inisiatif benchmarking ini diterima langsung oleh Ridhony M.H Hutasoit selaku Kepala Subbagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen (EPK) OJK Sultra yang merangkap juga PIC oengelolaan kehumasan bersama tim. Benchmarking yang dilakukan BPKP Sultra merupakan bentuk nilai tambah yang diberikan kepada stakholder.

“OJK sangat terbuka dan senang untuk berbagi ilmu dan pengalaman bersama stakeholder, khususnya BPKP Sultra. Ini salah satu bentuk kehadiran OJK dalam memberi manfaat atau nilai tambah.” ungkap Ridhony. (B)

Laporan: Wa Rifin
Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.