Festival Pesona Budaya Tua Buton

Dirgahayu RI, Kota Kendari Mendadak Kembali Tempo Doeloe

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Menyemarakan Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia, Pemerintah Kota Kendari menggelar karnaval juang, Rabu (14/8/2019). Total 78 tim mengenakan beragam kostum untuk terlibat dalam karnaval ini mulai dari unsur OPD hingga barisan perwakilan sekolah tingkat SD hingga SMP.

Uniknya karnaval juang, peserta mengenakan kostum pejuang dan pahlawan kemerdekaan. Ada juga mengenakan kostum seperti wanita tempo dulu lengkap dengan topi ayaman bambunya.

Misalnya, kostum tokoh Ir. Soekarno sebagai pahlawan pejuang dan Presiden RI yang pertama, Jenderal Sudirman, Cut Nyak Dhien, dan beberapa perawat pejuang serta masyarakat sipil pejuang lainnya bisa dijumpai di karnaval tersebut.

Peserta karnaval juang Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia di Kota Kendari, Rabu (14/8/2019). (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)
Peserta karnaval juang Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia di Kota Kendari, Rabu (14/8/2019). (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

Bahkan, beberapa tiruan peralatan perang misalnya bambu runcing, meriam, sabit, parang, pedang, tongkat, keris hingga senjata api, termasuk kendaraan di zaman perang melengkapi atribut peserta pawai yang berjalan dari pelataran Kodim 1417/Kendari sampai depan panggung penghormatan di pelataran Tugu Persatuan.

Nampak masyarakat sangat antusias dengan acara tersebut, terlebih sekolah meliburkan peserta didiknya. Masyarakat memenuhi pinggiran jalan untuk menyaksikan langsung karnaval juang.

Di panggung penghormatan, peserta pawai disambut langsung Pelaksana Harian Wali Kota Kendari, Nahwa Umar bersama Dandim 1417/Kendari Letkol CPN Fajar Lutvi Haris Wijaya dan Kapolres Kendari AKBP Jemi Junaidi serta beberapa kepala OPD lingkup Pemkot Kendari.

Nahwa Umar mengajak masyarakat termasuk ASN untuk meningkatkan semangat kerja yang lebih baik untuk mencapai visi dan misi Kota Kendari berbasis ekologi, informasi, dan teknologi dalam peringatan Ulang Tahun ke-74 RI.

“Melalui momen ini mari kita tingkatkan gelora perjuangan dengan meningkatkan semangat kerja kita sebagai ASN,” ucap Sekda Kendari ini. (Adv)

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.