#dirumahsaja, Pemkot Kendari Adakan Pasar Mobile yang Belanjaannya Diantarkan Sampai Rumah

  • Bagikan
Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (kedua dari kanan), Sabtu (11/4/2020). (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pemerintah Kota Kendari merencanakan operasi pasar mobile guna memenuhi kebutuhan pangan masyarakat di tengah penyebaran Covid-19 di Kota Kendari.

Operasi pasar mobile dimaksudkan Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir agar memastikan ketersediaan bahan pokok masyarakat. Pemkot juga bekerja sama dengan Bulog Divre Provinsi Sultra untuk kegiatan tersebut.

Terkait pelaksanaannya, operasi pasar mobile diagendakan pekan depan atau mulai Rabu, 15 April 2020 secara bergiliran di setiap kecamatan dan kelurahan. Untuk menghindari terjadinya kerumunan, paket barang belanjaan akan diantarkan oleh petugas ke rumah warga.

“Operasi pasar ini berbeda dengan sistem operasi pasar sebelum-sebelumnya dimana mengundang masyarakat dalam satu titik. Kali ini masyarakat cukup berada di rumah, paketnya akan diantarkan oleh tim pemerintah kota dari rumah ke rumah,” jelas Sulkarnain dalam konferensi video, Sabtu (11/4/2020).

Dalam operasi pasar ini, terdapat tiga macam paket sembako tersedia dengan harga bervariasi, mulai dari 100 ribu rupiah, 150 ribu rupiah hingga 200 ribu rupiah yang berisi beras, gula, minyak goreng, dan lainnya.

“Yang jelas isinya sembako untuk kebutuhan pangan masyarakat kita,” sambungnya.

Mekanisme operasi pasar akan digilir setiap kecamatan. Pemerintah kota juga akan menyiapkan hotline, link khusus, dan informasi dari kelurahan untuk bisa mengakses atau ingin memesan kebutuhan yang disediakan, tanpa harus keluar rumah.

“Saya akan bagi link bagaimana warga bisa mengakses layanan operasi pasar tersebut. Sebentar atau paling lambat besok mudahan-mudahan sudah bisa kita akses link-nya, sistem pemesanan modelnya nanti. Jadi yang sudah pesan akan diantar langsung ke rumahnya” terang wali kota Kendari.

Khusus masyarakat kategori miskin, lanjutnya, masih terus melakukan pembaruan data di lapangan sehubungan siapa saja yang belum tersentuh bantuan dari Pemkot Kendari.

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan