Pilkada koltim

Diskepora Sultra Berkolaborasi Dorong Tumbuhnya Industri Olahraga

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Diskepora) Provinsi Sulawesi Tenggara berupaya meningkatkan pendapatan masyarakat dengan mendorong tumbuhnya industri olahraga. Salah satu upayanya, yaitu berkolaborasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan BUMN.

Kepala Diskepora Sultra, Jaya Bhakti, mengatakan berbicara pengembangan industri olahraga tidak hanya dibebankan pada instansi yang dinakhodainya. Diskepora juga harus berkolaborasi dengan beberapa instansi terkait, seperi BUMN dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

“Kami ingin mendorong BUMN dan BUMD menjadi ‘bapak angkat’ yang menciptakan ekonomi kreatif dalam menyediakan kebutuhan peralatan olahraga,” terang Jaya, Senin (15/7/2019).

Tumbuhnya industri olahraga, masyarakat yang membutuhkan peralatan olahraga tidak perlu lagi didatangkan dari luar Sultra. Masyarakat bisa menggunakan hasil karya daerah, yakni ekonomi kreatif yang menyediakan kebutuhan tersebut.

Pilkada

“Artinya, kalau kita butuh bola takraw tidak perlu didatangkan dari luar, tapi dibeli di Sultra,” tambahnya.

Menurutnya, industri olahraga akan tumbuh berkembang jika semua masyarakat senang berolahraga. Namun butuh peran para pelaku olahraga untuk membudayakan olahraga di tengah masyarakat.

“Kalau budaya olahraga tumbuh, masyarakat pasti membutuhkan peralatannya dengan demikian, dibutuhkan industri olahraga untuk menyediakan peralatan,” ucapnya.

Laporan: Muh Yusuf
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.