Gempa Susulan di Lombok Buat Tim Medis UHO Waspada

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Tim dokter dari Universitas Halu Oleo Kendari, Sulawesi Tenggara, tiba di Lombok, Nusa Tenggara Barat pada 9 Agustus 2018. Namun proses penanganan korban sempat terhenti disebabkan gempa kembali mengguncang wilayah setempat bermagnitudo 6,2.

“Proses penanganan medis kepada korban empat terhenti, sebab Lombok kembali diguncang gempa. Saat inipun Tim Dokter UHO masih Waspada. Adanya gempa susulan itu, kami belum ada yang tertidur. Setelah gempa untuk sementara menghentikan operasi dan akan dilanjutkan esok hari,” kata Koordinator Tim Dokter UHO, dr Ashaeryanto kepada SultraKini.Com, Kamis (9/8/2018).

Dia menerangkan, setibanya tim di Lombok, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan RI dan Dinas Kesehatan Provinsi NTB. Tim Dokter UHO mendapatkan tugas medis, yakni dokter umum posko di Nipah (Puskesmas Nipah) yang wilayahnya berbatasan dengan Lombok Barat serta dokter spesialis ortopedi dan spesialis anestesi di KM Soeroso yang menangani operasi di dalam kapal.

Hingga kini, korban terdampak gempa di Lombok membutuhkan terpal, kebutuhan mandi, selimut, pampers, dapur umum, dan air bersih. Sedangkan mie instan telah mencukupi.

Fortune

Misi peduli Lombok ini, UHO menurunkan dr Ashaeryanto (koordinator), dr Agussalim Ali, dr Muh Rustam HN, dr Benny Murtaza, dan dr Muh Alim Al Fatih Rianse. Mereka datang dengan perlengkapan operasi dan membawa sejumlah bantuan dari warga Kota Kendari. Keberadaan mereka dijadwalkan 9-13 Agustus mendatang.

Dilansir dari situs resmi BMKG, tanggal 9 Agustus gempa terjadi pukul 12:25:32 WIB bermagnitudo 6,2. Pusat gempa berada di darat 6 km barat laut Lombok Utara yang dirasakan juga di V Mataram, III-IV Klungkung, IV Denpasar, IV Lombok Tengah, III Sumbawa, dan II-III Tabanan.

Sementara tanggal 10 Agustus, kembali gempa pukul 03:33:06 WIB bermagnitudo 4,8. Pusat gempa berada di darat 10 km barat laut Lombok Timur yang juga dirasakan di II Mataram dan II Lombok Timur.

Laporan:Rifin
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.