Satu Personel Positif Ditemukan Sebelum Tes Urine Narkoba Polres Kendari Digelar

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kabid Propam Polda Sultra, Kombes Pol Prianto Teguh Nugroho, menerangkan pihaknya menemukan seorang personel Polres Kendari positif menggunakan zat adiktif narkotika. Oknum tersebut ketahuan sebelum tes urine narkoba digelar Polres Kendari Februari 2021.

(Klarifikasi: Redaksi Sultrakini.com meminta maaf atas kekeliruan informasi terkait hasil tes urine jajaran Polres Kendari dengan judul: Kabid Propam Polda Sultra Silang Pendapat dengan Kapolres Kendari yang dipublis Selasa (9/3/2021). Redaksi kemudian mengklarifikasi informasi tersebut dengan judul berita yang baru: Satu Personel Positif Ditemukan Sebelum Tes Urine Narkoba Polres Kendari Digelar.)

Kabid Propam Polda Sultra, Kombes Pol Prianto Teguh Nugroho, mengungkapkan hasil tes narkoba personel Polres Kendari ditemukan satu orang positif menggunakan zat adiktif narkotika. Oknum polisi terjaring bukan melalui tes urine narkoba dadakan yang digelar Polres Kendari. Yang bersangkutan juga dikembalikan ke atasannya untuk proses hukuman disiplin.

“Satu orang dari jajaran Polres Kendari dinyatakan positif dan sudah dikembalikan ke atasannya untuk diberikan proses hukdis,” ucap Prianto Teguh Nugroho, Senin (1/3/2021).

Ia juga menambahkan, hal ini betul-betul menjadi atensi pimpinan Pak Kadiv Propam Mabes Polri dalam pembersihan berbau narkoba di jajaran Polri.

“Hasil pemeriksaan sementara dia (oknum polisi) baru coba-coba. Kami juga sampaikan kepada kasat dan polres menyampaikan kepada jajarannya jangan coba-coba kalau mencoba tenggelam,” sambungnya.

Terkait sanksi, lanjut Kabid Propam Polda Sultra, apabila ditemukan oknum anggota pengguna dan terlibat langsung, maka bisa dipecat.

“Modus bandar itu biasanya kasih coba-coba secara gratis nah dari situ ketagihan maka keterusan menggunakan barang haram tersebut,” tambahnya.

Diterangkan Kapolres Kendari, AKBP Didik Erfianto, di luar dari temuan Propam tersebut, hasil tes urine dadakan dinyatakan semua negatif pada kegiatan 23 Februari lalu. Jajarannya dikatakannya bersih dari narkoba.

“Tidak ada, semuanya negatif,” singkatnya melalui sambungan WhatsApp, Selasa (9/3/2021).

Tes urine narkoba kepada personel Polres Kendari berlangsung pada Selasa (23/2/2021). Sekitar 47 personel menjalani tes secara mendadak oleh petugas Provost Polres Kendari bekerja sama dengan Bid Propam Polda Sultra.

Ketika itu, Kapolres AKBP Didik Erfianto menyatakan hasil tes urine tersebut semuanya negatif. (B)

(Baca: Personel Polres Kendari Tes Urine Dadakan, Kapolres: Lingkungan Kerja Harus Bersih dari Narkotika)

Laporan: Riswan
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.