Kelurahan Bende Wakili Kendari Lomba Kelurahan di Tingkat Provinsi

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Mewakili Kota Kendari, Kelurahan Bende menjadi salah satu nominator lomba kelurahan tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2019.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, mengatakan kelurahan Bende layak menjadi utusan Pemkot karena menjadi bagian tak terpisahkan dalam perjalanan terbentuknya kota Kendari. Apalagi ditunjang dengan wajah kelurahan Bende semakin cantik dengan rutinnya kegiatan bersih-bersih lingkungan yang dilakukan warganya.

“Saya yakin, tim juri memiliki profesionalisme dan integritas dalam memberikan penilaian. Kita doakan, kelurahan Bende mampu menjadi yang terbaik dalam lomba kelurahan tahun ini,” ujar Sulkarnain Kadir, Jum’at (28/6/2019).

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Kendari, Sri Lestari Sulkarnain, menjelaskan lomba kelurahan terbaik yang digelar setiap tahun, entah tingkat Kota Kendari maupun Provinsi Sultra, diharapkan mampu memotivasi Lurah setempat untuk melahirkan inovasi baru dan memaksimalkan pelayanan masyarakat. Sebab, ada item penilaian yang mesti dipenuhi sebagai syarat mengikuti lomba kelurahan terbaik, salah satunya pelayanan dan administrasi di Kelurahan.

“Kelurahan Bende memenuhi aspek itu, itu kelihatan, pemanfaatan pekarangan di kelurahan Bende sangat bagus serta sebagian jalan dalam lorongnya dilukis beraneka warna. Pengelolaan sampah menjadi barang yang bernilai ekonomis, juga telah dilakukan oleh warga kelurahan Bende,” ungkap Sri Lestari, saat diwawancarai di sela-sela penilaian lomba kelurahan terbaik tingkat provinsi Sultra tahun 2019.

Tim penilai lomba kelurahan tingkat Sultra berjumlah sekitar 20 orang. Tim penilai umumnya diisi oleh pengurus PKK Provinsi Sultra.

yamaha

“Tim juri yang menilai di kelurahan Bende dipimpin oleh ibu Sakinah Yunus selaku Sekdis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Sultra. Sesuai agenda, paling lambat pekan ketiga Juli 2019, pemenang lomba kelurahan tingkat provinsi akan diumumkan,” tutup Sri Lestari.

Lurah Bende, Amir Yusuf, mengatakan sebagai pemerintah kelurahan telah mempersiapkan segala suseatu dalam rangka kegiatan lomba tersebut. Dalam lomba ini, Kelurahan Bende mewakili kota Kendari pada penilaian lomba kelurahan tingkat Sultra ada tiga aspek yang menjadi penilaian diantaranya pemerintahan, kelembagaan, dan pemasyarakatan.

“kegiatan lomba ini adalah agenda tahunan yang dilakukan oleh pemerintah daerah sesuai dengan Kemendagri Nomor 81,” ucap Amir Yusuf, Jumat (28/6/2019).

Tiga kelurahan delegasi asal Kabupaten Kolaka, Bau-bau dan Kota Kendari masuk sebagai nominasi kelurahan terbaik se-Sultra dalam perhalatan lomba kelurahan tingkat Sulawesi Tenggara tahun 2019. (Adv)

 

Laporan: Ade Putri

Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.