Pilkada koltim

KPU Konut Lakukan Gerakan Mendukung Rekam KTP-el untuk Pemilih Serentak 2020

SULTRAKINI.COM: KONAWE UTARA – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara melakukan gerakan mendukung perekaman KTP elektronik (KTP-el) untuk pemilihan serentak 2020. Gerakan tersebut sebagai upaya menyempurnakan penyusunan Daftar Pemilih Tetap yang terbuka, akuntabel, dan partisipatif.

Ketua KPU Konut melalui Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi, Yusdiana, mengatakan gerakan perekaman KPT-el sebagaimana dituangkan dalam surat KPU RI Nomor 1017 tentang gerakan mendukung rekam KTP-el untuk pemilihan serentak 2020. Kegiatan ini juga digelar serentak di enam kabupaten lainnya di Sultra sebagai penyelenggara Pilkada 2020.

Khusus wilayah Konut, kegiatan tersebut digelar serentak di 13 kecamatan.

“KPU Konawe Utara melakukan berbagai langkah-langkah dan upaya agar pemilih yang terdaftar dalam DPT namun belum merekam KTP-el, agar segera melakukan perekaman, di antaranya berkoordinasi dengan Dinas Dukcapil Konawe Utara, mengadvokasi, dan mengedukasi langsung pemilih betapa pentingnya memiliki KTP-el sebagai salah satu dokumen kependudukan,” terangnya, Kamis (19/11/2020).

Pilkada
Perekaman pemilih disabilitas dan lansia di Desa Padalere Utara, Kecamatan Wiwirano. (Foto: Dok.KPU Konut)

Hasil koordinasi KPU Konut, kemudian Disdukcapil melakukan perekaman mobile dengan turun ke kecamatan dan menjemput pemilih.

Adapun wujud advokasi dilakukan KPU terhadap pemilih belum merekam, selain dengan ajakan segera melakunan perekaman, juga dengan menyampaikan surat secara langsung kepada pemilih hingga mengantar jemput mereka yang terkendala transportasi.

“Alhamdulillah, apa yang kami lakukan kelihatan hasilnya. Hari ini sisa 375 pemilih belum perekaman dari 1.367 pemilih. Semuanya masih berada di luar Konawe Utara dengan berbagai aktivitas, ada yang kuliah dan bekerja,” jelasnya. (C)

Laporan: Aripin Lapotende
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.