Iklan Clarion

Pemkot Kendari Dorong Imam Masjid Jadi Hafiz Quran

SULTRAKINI.COM : KENDARI – Pelaksana tugas (Plt) Walikota Kendari, Sulkarnain Kadir, menyatakan keinginannya agar para imam masjid di lingkup Kota Kendari bisa menjadi hafiz quran, dengan mengagas program 100 hafiz untuk 100 masjid yang bakal mengawalinya di Kota Kendari.

Niatan tersebut berawal saat dirinya melakukan perbincangan bersama para tokoh agama saat pelaksanaan MTQ di Buton Utara beberapa waktu lalu. Juga merupakan masukan dari beberapa pihak, agar bagaimana masjid benar-benar menjadi salah satu pilar, agar suasana keagamaan bisa hidup didalamnya.

“Apalagi kan, brand kita Kota Bertaqwa. Makanya berdasarkan diskusi itu, kemungkinan kita akan mulai dari 100 masjid dulu, kita akan upayakan imamnya itu hafiz quran. Ya minimal menghafal 10 atau 20 juz,” ungkap Plt Walikota Kendari Sulkarnain kepada SultraKini.com saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (6/6/2018).

Paling tidak, kata Sulkarnain, hal tersebut cukup untuk menjadi kapasitas imam di masjid, sehingga pihaknya berharap kedepan ada diskusi maupun rumusan teknisnya bersama Dewan Masjid dan beberapa lembaga terkait lainnya.

“Harus ada masjid yang mengawalinya. Harapannya, kalau imam itu hafiz jamaah akan senang, apalagi kalau enak bacaannya, pasti kita juga akan semangat untuk sholat berjamaah di masjid. Paling tidak pada saat sholat magrib, Isya dan Subuh yang zahir bacaanya,” ungkap Sul sapaan akrab Sulkarnain.

Ia juga berharap, masjid-masjid yang ada di Kota Kendari terisi dengan baik, tidak hanya sebatas pembangunan fisiknya yang bagus dan megah. Melainkan, bagaimana masjid itu hidup sebagai tempat aktifitas keagamaan dan sosial masyarakat.

“Kalau ini bagus, saya pikir kalau jamaah senang, pasti kita akan ikut senang. Apalagi kalau kita rajin ke masjid insya Allah kebaikan akan mulai menyebar. Ini janji Allah,” tutupnya.

Laporan : Hasrul Tamrin
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.