000 HPN Prov

Peringati HUT RI Ke-74, Mahasiswa KKN Tematik UHO Bersihkan Sampah Laut di Bungkutoko

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Dalam memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Halu Oleo (UHO) di Kelurahan Bungkutoko, Kecamatan Abeli, Kota Kendari melakukan aksi bersih sampah laut yang dirangkaikan berbagai lomba.

Ketua Tim Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Weka Widayati, mengungkapkan dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan memotivasi warga agar lebih maksimal menjaga lingkungan.

“Melalui KKN Tematik penanganan pencemaran sampah laut ini memberikan pesan penting kepada semua pihak bahwa aksi bersih sampah laut harus menjadi perhatian sebagai sebuah gerakan yang perlu di bangun secara bersama-sama dalam menjaga laut kita,” ujarnya, Sabtu (17/8/2019).

Ia katakan, bertepatan dengan perayaan HUT ke-74 Indonesia, mahasiswa KKN Tematik menggelar aksi bersih sampah laut yang dirangkai dalam beberapa item lomba yaitu lomba pemilahan jenis sampah laut, lomba lari kelereng, tarik tambang serta bola gotong dengan melibatkan Murid SD dan masyarakat.

“Kegiatan lomba pemilahan jenis sampah laut dimaksudkan agar anak sekolah maupun masyarakat dapat memahami jenis sampah laut berdasarkan sarana persampahan yang disediakan,” jelas Wakil Rektor II UHO tersebut.

Sementara itu, Dosen Pembimbing Lapangan, Sawaladin, menambahkan pemetaan titik sebaran sampah laut menjadi penting dilakukan untuk mengetahui sumber dan jenis sampah laut. Sampah laut yang ditemukan dominan jenis sampah plastik.

“Kita ketahui bahwa sampah plastik yang terbuang langsung ke laut mudah terbawa oleh arus maupun adanya gelombang. Untuk itu, harapan kami dalam KKN Tematik ini dapat memberi pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, apalagi langsung dibuang ke laut. Selanjutnya kami sangat mendukung program pengurangan sampah plastik dengan tidak menggunakan plastik sekali pakai,” terangnya.

Lebih lanjut, Weka Widayati menuturkan, pelaksanaan KKN UHO baik KKN Reguler dan KKN Tematik sudah memasuki minggu-minggu akhir pelaksanaannya. Sehubungan dengan pelaksanaan program, kelompok KKN Tematik UHO di Kelurahan Bungkutoko dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Dalam Pengendalian dan Penanganan Pencemaran Sampah Laut di Pulau Bungkutoko” telah menuntaskan beberapa kegiatan yang di programkan dalam KKN Tematik.

Pertama, sudah dilakukan sosialisasi tentang pencemaran sampah laut dengan memberikan edukasi dan pemahaman masyarakat tentang sampah laut dan ancamannya terhadap eksositem laut serta biota-biota di dalamnya termasuk ikan-ikan konsumsi.

“Kegiatan sosialisasi dirangkaikan dengan pembentukan kelompok masyarakat sadar lingkungan di Kelurahan Bungkutoko dengan nama kelompok yaitu Bungkutoko Sadar Lingkungan. Kegiatan ini berlangsung di Kantor Kelurahan Bungkutoko yang dihadiri oleh lurah beserta pegawai kelurahan dan masyarakat yang dilaksanakan pada 8 Agustus 2019,” terangnya.

Program kedua, yaitu mahasiswa KKN melakukan pemetaan sebaran titik sampah laut di wilayah Bungkutoko sebagai acuan dalam pembuatan prototipe persampahan dan melakukan kegiatan dalam melakukan aksi bersih sampah laut.

“Melalui kegiatan sosialisasi dan pembentukan kelompok masyarakat ini diharapkan agar kedepan masyarakat dapat berdaya guna dalam penanganan masalah lingkungan, utamanya mengenai sampah laut di Pulau Bungkutoko. Selain itu juga mahasiswa sudah melakukan proses pembibitan mangrove sebagai bagian dari program konservasi. Pembibitan mangrove dilakukan dengan melibatkan kelompok masyarakat dan anak sekolah dengan memanfaatkan substrat sedimen yang ada di lokasi dan propagul mangrove yang di ambil dari Teluk Kendari,” pungkasnya.

Laporan: La Niati
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.