Pupuk Gratis untuk Petani di Koltim, Janji Hugua

SULTRAKINI.COM: KOLAKA TIMUR – Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) sejak belum mekar dikenal sebagai salah satu daerah penyumbang pangan Provinsi Sulawesi Tenggara. Perhatian terhadap petani di daerah ini sangat diperlukan.

Karenanya, di hadapan relawan dan simpatisan di Koltim, calon wakil Gubernur Sultra, Hugua, berjanji akan memberikan bantuan pupuk secara gratis kepada petani. Bantuan cuma-cuma akan diberikan apabila terpilih menjadi pemimpin Sultra periode 2018-2023 mendatang.

“Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Asrun dan Hugua, akan memberikan bantuan pupuk kepada petani Kolaka Timur. Syarat untuk mendapatkan bantuan, caranya mudah. Pilih nomor urut 2 saat pemungutan suara tanggal 27 Juni nanti yang tinggal beberapa hari lagi,” ujar Hugua di hadapan relawan dan simpatisan di Raterate, Kabupaten Koltim, Kamis (31/5/2018).

Hugua mengaku memberikan perhatian khusus pada sektor pertanian Koltim, karena selama tiga tahun berturut-turut, produksi pertaniannya mengalami peningkatan drastis. Tahun 2014 produksi padi mencapai 85.000 ton gabah kering panen (GKP), tahun 2015 mengalami kenaikan menjadi 89.000 ton. Pada Tahun 2016 naik sekitar 94.000 ton gabah kering panen. Panen padi sawah meningkat setiap hektar mencapai 6-7 ton, dan hasilnya Koltim surplus beras 43.000 ton.

Tahun 2016, rata-rata produksi padi Koltim mencapai 6,2 ton per hektar, lalu 2017 naik menjadi 7,5 ton per hektar, dengan luas sawah yang terkelola 14.393 hektar.

“Kolaka Timur dari dulu menjadi penghasil beras di Sultra. Makanya sektor ini harus diberikan bantuan kepada petaninya, supaya petani Koltim bisa hidup lebih sejahtera lagi,” jelasnya.

yamaha

Bantuan itu bukan hanya berupa pupuk, tapi sarana produksi lainnya. Misalnya alat mekanisasi pertanian, berupa traktor. Kemudian bantuan benih unggul dan serta program sistem irigasi persawahan.

“Tidak kalah pentingnya juga informasi pasar. Sehingga produksi petani Koltim, benar-benar lebih kompetitif di pasaran,” kata Hugua yang pernah menjabat Bupati Wakatobi selama 2 periode.

Pertemuan relawan dan simpatisan paslon nomor urut 2 ini dirangkaikan dengan acara buka puasa bersama. Jumlah relawan yang hadir mencapai sekira 1.000 orang dari berbagai desa dan kecamatan di Koltim.

Hadir dalam buka puasa tersebut, beberapa pengurus fungsionaris partai pengusung Paslon Asrun dan Hugua. Diantaranya, Ketua DPD PAN Kabupaten Koltim yang juga Ketua DPRD setempat, Rahmatia Lukman.

Dalam buka puasa bersama itu, Hugua juga menjelaskan 7 program Sultra Emas yang akan diberikan kepada seluruh masyarakat Sultra, termasuk warga Koltim. Program unggulan lain, yakni akan memberikan bantuan modal usaha mikro tanpa agunan, tanpa bunga dan tanpa proposal.

“Di Koltim ini, sebagian besar warganya bertani dan berdagang. Khusus bagi warga yang mempunyai usaha mikro, Paslon Asrun Hugua jika terpilih akan memberikan bantuan modal usaha. Makanya pilih kami, supaya warga Koltim mendapat bantuan modal, ” ujar Hugua yang sudah berpengalaman mengelola usaha mikro di Sultra.

Editor: Gugus Suryaman

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.